upah.co.id – aringan internet super cepat 5G dihadirkan untuk mendukung agenda Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Belitung , Kepulauan Bangka Belitung, 7-9 September 2022.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, Belitung merupakan salah satu winning area XL Axiata, dengan pangsa pasar terbesar sejak lebih dari 10 tahun.

Dengan adanya event internasional DMM G20 di Belitung, pihaknya sengaja menghadirkan jaringan dan layanan 5G untuk menunjukkan pada pelanggan bahwa XL Axiata semakin siap menghadirkan layanan tersebut.

“Tentu kami juga berharap, layanan 5G bisa menyukseskan DMM G20 Belitung yang bisa meningkatkan reputasi Indonesia di mata masyarakat dunia,” kata Desy dalam siaran pers, Selasa (6/9/2022).

Dari sisi teknis, jaringan 5G di Belitung menggunakan frekuensi secara dynamic spectrum sharing (DSS).

Agar apat menikmati layanan 5G, peserta pertemuan atau masyarakat di lokasi layanan, perlu menggunakan smartphone 5G serta simcard yang dilengkapi uSIM.

Layanan 5G menghadirkan keunggulan kecepatan akses internet dan data yang sangat cepat, dengan latency lebih rendah, dan jumlah kerapatan koneksi yang juga lebih banyak dari 4G.

“Membantu dokumentasi dan pengiriman data berupa dokumen, foto, hingga video serta aktivitas broadcasting yang biasanya dibutuhkan di pertemuan besar internasional,” ujar Desy.

Sebanyak 22 negara delegasi dijadwalkan menghadiri gelaran G20 di Belitung. DMM sendiri merupakan bagian dari rangkaian Presidensi G20 Indonesia 2022, yang diketuai Kementerian PPN/Bappenas sebagai focal point perwakilan pemerintah.

Jumlah pelanggan XL Axiata di Kepulauan Bangka Belitung tercatat mencapai 600 ribu pelanggan, termasuk di Kabupaten Belitung sekitar 144.000 pelanggan.

Daerah yang saat ini sedang dibangun peningkatan jaringan XL Axiata, antara lain Manggar, Gantung, Tanjung Pandan, Simpang Renggiang, Membalong, Damar, dan Sijuk. Di area tersebut banyak terdapat destinasi wisata dan pusat ekonomi lokal.