upah.co.id – Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meminta agar proyek-proyek strategi nasional ( PSN ) yang dikerjakan pemerintah memberikan manfaat bagi masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Jokowi berpesan agar PSN dapat menciptakan lapangan kerja dan efek pengganda (multiplier effect).

“Bapak Presiden juga memberikan arahan bahwa seluruh proyek-proyek strategis nasional ini bermanfaat bagi masyarakat, terutama terkait dengan penciptaan lapangan kerja, yang kedua tentunya investasi ini memiliki multiplier effect,” kata Airlangga dalam keterangan pers usai rapat terbatas di Istana Bogor, Selasa (6/9/2022).

Airlangga Hartarto menjelaskan, multiplier effect yang dimaksud antara lain pembangunan jalan tol diharapkan dapat membuka akses lebih luas ke suatu daerah.

Selain itu, pembangunan bendungan juga diharapkan dapat mengurangi tingkat kemiskinan sebuah daerah.

“Karena dengan ketersediaan air dan juga dari segi irigasi yang lebih banyak dan lebih baik untuk terkait dengan masalah ataupun terkait dengan program-program agrikultur atau program pertanian,” katanya.

Lebih lanjut, Airlangga Hartarto menyebutkan, sejak tahun 2019 hingga 2021, pemerintah sudah merampungkan 66 PSN dengan nilai sebesar Rp 414,3 triliun.

Kemudian, pada 2019, ada 30 proyek PSN yang rampung dengan nilai Rp 165,3 triliun. Terdiri dari pembangunan bendungan, bandara, jalan, kawasan, kereta, pelabuhan dan smelter.

Lalu, pada 2020, ada 12 proyek PSN yang tuntas dengan nilai Rp 123,1 triliun. Terdiri dari bandara, kereta, jalan tol, pelabuhan, sistem penyediaan air minum (SPAM), kawasan industri, dan bendungan.

“Di tahun 2021 itu ada 24 proyek nilainya 125,9 triliun terdiri dari jalan tol, kereta, kawasan perumahan, SPAM, bendungan, pelabuhan, dan teknologi,” ujar Airlangga Hartarto.

Sementara itu, dalam kurun waktu Januari-Agustus 2022, ada 9 proyek PSN yang rampung dengan nilai Rp 140,1 triliun. Terdiri dari 2 proyek pelabuhan, 1 proyek bandara, 3 proyek industri, serta proyek ketenagalistrikan, kawasan perbatasan, dan pembangkit listrik.

Sedangkan, pada September hingga Desember 2022 mendatang, ada 16 proyek PSN dengan nilai Rp 101,2 triliun yang ditargetkan dapat rampung.

“Dan tentu Bapak Presiden meminta agar keseluruhan project secara nasional bisa selesai secara fisik sebelum 2024,” kata Airlangga Hartarto.