upah.co.id – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menduga Presiden Joko Widodo tidak kunjung melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB ) definitif karena kegiatan yang padat.

Hal ini ia sampaikan saat ditanya soal kemungkinan adanya pengisian jabatan menpan RB dalam waktu dekat.

“Karena mungkin Pak Presiden kan sibuk,” kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Heru menjelaskan, Presiden Jokowi baru saja menyelesaikan lawatan ke Papua, Maluku, dan Lampung pada pekan lalu.

Kemudian, pada Senin (5/9/2022) kemarin, Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dan akan menghadiri acara Kementerian Pertahanan pada Kamis (8/9/2022).

Lebih lanjut, Heru menyebut isu penetapan Menpan RB merupakan ranah Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Kalau menpan kan ada urusannya Pak Mensesneg, Pak Seskab,” ujar Heru.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menambahkan, penetapan menteri merupakan hak prerogatif presiden.

“Menteri kan pada intinya hak prerogatif presiden,” ujar Bey Machmudin.

Seperti diketahui, posisi Menpan RB definitif sudah kosong selama lebih dari dua bulan setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022 lalu.

Setelah Tjahjo Kumolo wafat, Jokowi telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD sebagai pelaksana tugas Menpan RB.

Sementara itu, PDI-P diketahui sudah menyerahkan sejumlah nama untuk menempati posisi Menpan RB.