upah.co.id – Swiatek yang merupakan unggulan teratas mengalahkan Ons Jabeur yang merupakan unggulan kedua dengan skor 6-2, 7-6 (5) dalam duel di Arthur Ashe Stadium, Minggu (11/9/2022) dini hari WIB.

Swiatek menjadi petenis putri pertama sejak Angelique Kerber pada 2016 yang berhasil meraih dua titel grand slam dalam setahun. Di luar Serena Williams, persaingan tenis putri beberapa tahun terakhir memang sulit melihat adanya dominasi.

Namun gelar ini mejadi yang ketujuh secara keseluruhan bagi Swiatek sepanjang 2022. Ini menegaskan statusnya sebagai yang terbaik saat ini semenjak pensiunnya Ashleigh Barty pada awal tahun.

“Ini adalah sesuatu yang tidak saya duga. Saya bangga, sedikit terkejut, dan senang saya bisa melakukannya,” kata Iga Swiatek seperti dikutip dari Bbc Sport.

Petenis nomor satu dunia ini mengatakan memenangkan gelar pertamanya di lapangan keras US Open sekaligus memberikan keyakinan bahwa langit adalah batas untuk karirnya.

“Saya tidak yakin apakah saya berada di level untuk memenangkan Grand Slam, terutama di AS Terbuka di mana permukaannya begitu cepat,” kata Swiatek, yang juga mencapai semifinal Australia Terbuka pada Januari.

“Ini juga seperti konfirmasi bagi saya bahwa langit adalah batasnya.”