upah.co.id – Sejak 1 September 2022, Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM sudah mulai disalurkan. Masyarakat bisa mendapatkan BLT BBM dengan mendaftarkan diri lewat aplikasi Cek Bansos.

Kementerian Sosial ( Kemensos ) berupaya agar BLT BBM disalurkan sebagai penguat bantalan sosial Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang kurang mampu di seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemensos , Harry Hikmat , menilai BLT BBM sebagai penguatan bantalan sosial agar masyarakat mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, utamanya kenaikan harga komoditas yang cukup berpengaruh terhadap daya beli masyarakat kurang mampu.

Harry Hikmat menjelaskan, Kemensos beserta sejumlah kementerian berupaya memberikan edukasi pada masyarakat penerimanya sehingga bansos dimanfaatkan ke arah yang lebih produktif.

“Uang yang diterima itu bukan untuk kebutuhan konsumtif belaka, tapi bisa digunakan untuk tambahan modal usaha,” tutur Harry pada Selasa, 6 September 2022 di Jakarta.

Menurutnya dengan begitu uang yang diterima dalam bentuk tunai bisa digunakan untuk usaha ekonomi produktif seperti pemberdayaan sosial dan pemberdayaan ekonomi.

Masyarakat luas, ucapnya, perlu memahami ini sehingga bansos yang diterima tidak menghasilkan efek ketergantungan.

Penyerahan BLT BBM oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dilakukan secara simbolis di Kabupaten Jayapura, Papua, belum lama ini menjadi tanda dimulainya penyaluran BLT BBM .

Harry menilai skema perlindungan sosial saat ini tidak bersumber hanya dari BLT BBM tetapi juga dengan bantalan sosial dari Program Sembako dan PKH.

“Kalau BLT BBM Rp300.000 untuk September, nanti Rp300.000 lagi untuk Desember. Tapi, Sembako ‘kan September ini sudah cair juga, nanti Oktober Rp200.000, terus November Rp200.000 diberikan kepada KPM, belum lagi PKH,” tutur Harry sebagaimana dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Penyaluran BLT BBM dilakukan selama empat bulan dari September hingga Desember 2022 dengan besaran Rp300.000 per dua bulan sehingga total BLT BBM yang diterima KPM adalah Rp600.000.

Uang tersebut disalurkan melalui melalui PT. Pos Indonesia. (Katiasa Utami)***