upah.co.id – Legion 5 Pro merupakan laptop gaming terbaru yang ditawarkan Lenovo . Saat ini, seri Legion 5 Pro sudah mencapai generasi ke-7, dan KompasTekno berkesempatan untuk membuka kotak kemasan dan menjajal laptop ini untuk pertama kalinya.

Sekilas, kotak penjualan Legion 5 Pro bisa dibilang sama dengan laptop seri Legion lainnya, di mana kotaknya didominasi dengan warna hitam.

Di dalam kardus penjualan, selain unit laptop, peminat bakal mendapatkan sejumlah kelengkapan perangkat seperti buku panduan, kartu garansi, kabel dengan “kepala” versi Eropa, serta adaptor charger berdaya 300 watt.

Kehadiran kabel dengan ujung versi Eropa ini mengharuskan pengguna Indonesia memakai adapter tambahan, supaya bisa kabel dan adaptor laptop tadi bisa dicolokkan ke steker versi Indonesia.

Beralih ke unit laptop, secara desain, Legion 5 Pro memiliki tampilan yang lebih minimalis dan modern apabila dibandingkan dengan laptop seri Legion lainnya.

Bisa dibilang demikian lantaran bagian depan (lid) laptop tersebut kini tampak bersih dan hanya dihiasi dengan logo “Legion” saja.

Laptop gaming ini sendiri hadir dalam varian Storm Grey dan Glacier White. Varian yang kami dapat adalah Glacier White, di mana seluruh bodi laptop ini dilapisi dengan warna putih doff yang elegan.

Material pelapis laptop sendiri terasa seperti plastik, alih-alih metal. Hal ini terbilang wajar lantaran plastik lebih mudah menyerap panas yang bersumber dari dalam laptop, terutama laptop gamaing yang sering mengeluarkan panas berlebih.

Karena merupakan laptop gaming , Legion 5 Pro memiliki dimensi ketebalan seperti laptop gaming kebanyakan, yaitu di angka sekitar 2,5 cm. Lalu, bobotnya juga terbilang cukup berat dengan 2,5 kg.

Layar menawan, keyboard nyaman

Secara desain, Legion 5 Pro mengusung panel IPS berukuran 16 inci dengan resolusi maksimal WQHD Plus, tingkat kecerahan 500 nits, dan refresh rate mencapai 165 Hz yang bisa memberikan animasi yang mulus.

Selain itu, layar yang memiliki rasio aspek 16:10 dan mendukung fitur Nvidia G-Sync ini juga memiliki warna 100 persen sRGB dengan sertifikasi VESA Display, HDR 400 Certified, dan Dolby Vision.

Ketika dijajal untuk bermain game atau menonton video, layar yang memiliki bezel cukup tipis ini tampak sangat enak untuk dipandang, lantaran warna yang ditampilkan terlihat sangat tajam dan menyerupai aslinya.

Untuk menunjang pengalaman menonton dan bermain game, Legion 5 Pro juga dibekali dengan stereo speaker yang mendukung teknologi Nahimic Audio untuk kualitas audio yang mumpuni.

Dari layar, mari kita berpindah ke papan ketik (keyboard). Tidak seperti laptop gaming kebanyakan yang lampu keyboard-nya RGB, Legion 5 Pro dibekali dengan lampu backlit satu warna, yaitu warna biru laut saja.

Pengguna bisa menyalakan atau mematikan lampu backlit ini dengan mudah dengan cara menekan tombol “Fn+Space” secara bersamaan.

Keterbatasan lampu keyboard ini terbantu dengan nyamannya keyboard untuk mengetik, serta kehadiran tombol Numpad yang lengkap.

Artinya, pengguna tak perlu repot mengaktifkan mode Num Lock untuk sekadar memasukkan angka di dalam aplikasi atau game.

Selain keyboard yang cukup lebar, komponen trackpad laptop ini juga memiliki ukuran yang cukup luas. Dengan begitu, pengguna bisa dengan nyaman bernavigasi antarmenu tanpa menggunakan aksesori mouse.

Konektor lengkap

Bukan laptop gaming namanya jika tak memiliki konektor lengkap. Legion 5 Pro dibekali dengan seabrek konektor yang fungsinya beragam.

Mulai dari sisi belakang, laptop gaming ini dibekali dengan konektor 1x USB-A (USB 3.2 Gen 1, always-on), 1x USB-A (USB 3.2 Gen 1), 1x USB-C (USB 3.2 Gen 2, DisplayPort 1.4, power delivery), 1x HDMI, 1x konektor RJ45, dan 1x jack DC-In.

Lalu untuk deretan konektor di sisi kiri terdapat 1x konektor Thunderbolt 4 (USB 4, DisplayPort 1.4) dan 1x USB Type-C (USB 3.2 Gen 2, DisplayPort 1.4).

Adapun deretan konektor di sisi kanan terdapat 1x USB-A 3.2 Gen 1, tombol E-Shutter untuk menutup kamera webcam beresolusi 720p yang terletak di tengah atas layar, serta 1x jack audio 3.5mm untuk headphone/mic combo.

Untuk meredam panas ketika dipakai bermain game, Legion 5 Pro juga dibekali dengan empat ventilasi udara (dua di belakang dan masing-masing satu di sisi kiri dan kanan) yang ada di seluruh sisi perangkat (kecuali sisi depan).

Ada pula beberapa komponen lainnya seperti tombol power yang terletak di bagian tengah atas keyboard, serta dua lubang mikrofon yang terletak di bagian bawah layar.

Nah, penasaran bagaimana desain Legion 5 Pro dari segala sisi serta kelengkapan apa saja yang bakal didapatkan ketika membeli laptop gaming ini?

Anda bisa mendapatkan seluruh informasi itu dengan menyimak gambar-gambar laptop tersebut di galeri di tautan .