upah.co.id – Butuh 15 tahun buat Ducati kembali ke puncak MotoGP setelah zaman Casey Stoner. Namun, sukses Francesco Bangaia pada musim 2022 juga mengungkit kegagalan Valentino Rossi di masa lalu.

Seperti diketahui Rossi pernah bersama Ducati selama dua musim yaitu pada 2011-2012. Terbukti kepindahan Rossi saat itu dari Yamaha ke Ducati merupakan bencana. The Doctor gagal di Ducati dan mencoreng kariernya sendiri.

Sahabat Rossi yang juga menjabat manager Mooney VR46 Racing, Alessio Salucci, mengatakan, Rossi mendapat tekanan hebat saat dia pindah Ducati terutama dari penggemar orang Italia.

“Di Italia ada emosi yang besar tentang kepindahannya ke Ducati, dan dia sangat termotivasi dan ingin terus menang di MotoGP. Keinginannya adalah untuk menunjukkan bahwa dia bisa menang tidak hanya di Yamaha, tapi juga dengan motor lain, terutama dengan Ducati yang merupakan orang Italia,” kata Alessio dikutip dari , Kamis (9/3/2023).

Uccio, panggilannya, mengatakan, sejak pertama kali mencoba Ducati Rossi sudah mengatakan bahwa motornya tidak enak dikendarai.

“Ketika Valentino naik motor untuk pertama kalinya, dia langsung mengakui bahwa itu tidak mudah dikendarai sama sekali, menyatakan bahwa tidak ada perasaan apa pun dengan mesinnya,” kata dia.

Sejak saat itu Uccio mengatakan tak ada yang bisa diperbuat oleh Rossi. The Doctor bukan hanya mengecewakan dirinya sendiri namun juga mengecewakan para penggemar terutama dari Italia karena dia memakai motor Italia.

“Semua orang percaya bahwa Valentino bisa membuat kemajuan Ducati juga dalam hal pengembangan, tapi itu tidak terjadi sama sekali. Bahkan dia tidak bisa memahami bagaimana Ducati bekerja,” ujar dia.

Ahli telemetri yang pernah bekerja untuk Rossi yaitu Matteo Flamigni membenarkan masalah utama Rossi saat mengendarai Desmosedici GP11 ialah motor yang sulit diajak belok.

“Dia tidak mengharapkan motor seperti ini, sangat berbeda dan memiliki banyak masalah ketika dia berada di sadel,” kata Matteo.

“Masalahnya adalah beralih dari Yamaha ke motor seperti Ducati membutuhkan waktu, dan Valentino tidak pernah membutuhkan waktu sebanyak itu untuk melakukannya dengan benar,” ujar dia.

Setelah tahun pertama yang buruk Rossi jadi tidak sabar dan setelah musim keduanya juga gagal legenda balap motor itu memutuskan untuk hengkang dari Ducati dan kembali ke Yamaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey