Bisnis  

Kisah Mantan Leonardo Dicaprio Dulu Hemat Tapi Jatuh Miskin

upah.co.id – Cerita ini sejatinya bukan cerita baru, melainkan sudah terjadi di 2019 lalu. Erin Heatherton, supermodel top sekaligus mantan kekasih dari Leonardo DiCaprio jatuh miskin lantaran terlilit utang kartu kredit.

Saat ini Heatherton sudah bertunangan dengan pria yang bernama Karol Kocemba. Keuangannya sepertinya sudah mulai pulih.

Banyak pelajaran finansial yang bisa diambil dari kisah bangkrutnya Heatherton empat tahun yang lalu. Intinya bangkrut tidak mengenal profesi dan status keuangan, siapapun bisa mengalami hal ini.

Supermodel Victoria’s Secret merupakan mantan kekasih Leonardo DiCaprio di tahun 2012. Konon kabarnya, saat memadu kasih dengan aktor top sekaliber Leonardo, Erin punya kebiasaan hidup hemat.

Namun, sifatnya berubah jadi konsumtif dan sering membuang-buang uang.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik masalah keuangan yang dihadapi oleh Erin Heatherton pada 2019 yang diambil dari berbagai sumber.

Situs berita Australia News.com.au memberitakan bahwa mantan kekasih Leonardo DiCaprio ini memiliki utang lebih dari US$ 500 ribu yang pada 2019 setara dengan Rp 7,1 miliar.

Saat itu Heatherton cuma mengantongi penghasilan kurang dari US$ 3 ribu atau Rp 42 juta dalam setahun.

Bisa jadi, utang tersebut disebabkan karena gaya hidup yang glamor dan bikin dirinya gelap mata. Di tahun 2017, Erin sempat mengantongi US$ 226 ribu atau Rp 3,2 miliar (saat itu) lewat profesinya.

Di saat pendapatannya naik memicunya dirinya untuk jadi lebih konsumtif. Alih-alih digunakan buat menabung dan investasi, model cantik ini malah membeli sesuatu yang gak mampu dibeli olehnya.

Pengeluaran yang melebihi pemasukan akan menyebabkan arus kas bersih negatif. Secara tidak langsung, keadaan ini akan membuat nilai tabungan Anda menjadi berkurang, dan lambat laun tabungan Anda bisa terkuras habis.

Satu kartu kredit aja tagihannya mungkin bakal bikin pusing, apalagi kalau ada tiga. Biasanya, seseorang menggunakan tiga kartu kredit untuk mengincar promo, tapi sepertinya Heatheron punya alasan lain.

Di 2019 mantan kekasih Leonardo DiCaprio ini tercatat memiliki utang yang cukup besar di City National Bank. Di kartu kredit pertamanya ia memiliki tagihan nunggak US$ 11.514 atau Rp 164 juta (saat itu), sementara itu di kartu kredit kedua tagihannya US$ 194.602 atau setara dengan Rp 2,7 miliar (saat itu)!

Sementara itu tagihan di kartu kredit terakhir berjumlah US$ 215.601 alias Rp 3 miliaran. Belum lagi ada utang tambahan lagi lho dari bank yang sama dengan nominal mencapai US$ 201 ribu atau Rp 2,8 miliar.

Dalam perencanaan keuangan, batas ideal sebuah utang harus didasarkan dari total aset yang dimiliki.

Ketika nilai utang sudah melebihi 50% dari nilai total aset, maka itu tandanya utang sudah melebihi batas wajar.

Pada 2019, selain utang kartu kredit Heatherton juga mesti berhadapan dengan tuntutan ganti rugi dari mantan rekan bisnisnya yang mencapai US$ 100 ribu atau Rp 1,4 miliar (di 2019).

Dan celakanya, dia juga memiliki utang pajak yang jumlahnya US$ 41 ribu atau Rp 584 juta (di 2019).

Jual aset adalah salah satu cara untuk melunasi seluruh utang yang dimiliki. Kabarnya, seluruh aset yang dimilikinya ludes terjual, salah satunya adalah kalung Jennifer Meyer seharga US$ 945 atau Rp 13 juta.

Seiring berjalannya waktu, model catwalk ini memang mengalami penurunan dari segi pendapatan. Di tahun 2017, ia memang sempat tajir melintir. Namun di tahun 2018 hingga 2019, penghasilannya makin menurun.

Saat masih naik daun, uang mungkin tidak jadi persoalan bagi Erin Heatherton. Namun Heatherton sering diberitakan menggelar pesta mewah dan glamor di condonya di New York, dia pun pernah dituntut oleh tetangganya karena mengganggu kenyamanan.

Belajar dari Erin Heatherton, sejatinya tidak salah untuk memiliki gaya hidup mewah asalkan mampu, dan berhati-hatilah jika Anda memiliki profesi bersifat freelance, apalagi di dunia hiburan.

Penghasilan yang tidak tetap akan menuntut kita untuk memiliki dana darurat dalam jumlah yang lebih besar ketimbang orang lain, karena tidak selamanya seseorang bisa tetap tenar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!