upah.co.id – Korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6,8 di Provinsi Sichuan, China , kembali bertambah menjadi 65 orang. Para petugas penyelamat bergegas untuk menjangkau ratusan orang yang terjebak akibat gempa kuat tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (6/9/2022), laporan media lokal China menyebut hampir 250 orang menjalani perawatan medis karena luka-luka yang diderita akibat bencana alam itu, dengan puluhan orang di antaranya dilaporkan mengalami luka kritis.

Para petugas penyelamat juga berupaya mengevakuasi lebih dari 200 orang yang terjebak di zona terdampak gempa, juga memulihkan layanan telekomunikasi, pasokan listrik dan air. Petugas penyelamat juga menyalurkan pasokan makanan kepada warga yang terdampak gempa.

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,8 mengguncang Provinsi Sichuan pada Senin (5/9) siang waktu setempat, dengan pusat gempa ada di area pegunungan terpencil di bagian barat negara itu. Gempa itu tercatat sebagai gempa bumi paling kuat yang melanda Sichuan sejak tahun 2017.

Getaran akibat gempa itu dilaporkan turut dirasakan warga yang tinggal di Provinsi Shaanxi dan Guizhou, yang berjarak ratusan kilometer.

Pada Selasa (6/9) waktu setempat, televisi pemerintah China melaporkan lebih dari 200 orang terjebak di Hailuogou, sebuah tujuan wisata populer yang dikenal dengan gletser, hutan hijau dan puncak gunung. Para petugas penyelamat masih berupaya membuka kembali ruas jalanan terblokir untuk menjangkau mereka.

Di Luding, area pusat gempa, infrastruktur listrik dan air, serta telekomunikasi, mengalami kerusakan parah. Dilaporkan juga bahwa 243 rumah ambruk dan 13.010 rumah lainnya mengalami kerusakan. Empat hotel dan ratusan rumah yang menjadi penginapan home stays juga terdampak gempa.

Gempa itu memutus aliran listrik ke beberapa kota, dengan sejumlah ruas jalan raya runtuh dan sedikitnya tujuh pembangkit listrik tenaga air mengalami kerusakan.

Dengan hujan deras diperkirakan mengguyur untuk tiga hari ke depan, para pakar setempat mengkhawatirkan situasi di sejumlah bendungan usai gempa kuat melanda. Otoritas setempat mempertimbangkan untuk mengerahkan drone guna memeriksa situasi di hulu Sungai Wandong, anak sungai utama Sungai Dadu.

Provinsi Sichuan diketahui cukup sering diguncang gempa bumi, khususnya di area pegunungan yang ada di wilayah barat. Tahun 2017 lalu, gempa berkekuatan Magnitudo 7 mengguncang area sebelah utara Luding.