Krisis Cip Semikonduktor, MotoGP Terancam Pakai ECU Lama

upah.co.id – Magneti Marelli , pemasok Electronic Control Unit (ECU) untuk MotoGP , sudah memperbarui sistem pada ECU. Namun, karena krisis cip semikonduktor , jumlahnya belum mencukupi.

Dikutip dari , Kamis (2/3/2023), tahun ini motor balap MotoGP seharusnya sudah menggunakan ECU yang baru. Tapi, adanya krisis cip semikonduktor membuat produksi ECU tersebut jadi terhambat.

Pada sesi tes pra-musim di Sirkuit Sepang , Malaysia, beberapa waktu lalu, hanya tim pabrikan saja yang sudah menggunakan ECU baru. Sementara tim satelit , masih mengandalkan ECU lama.

Menurut MSMA, ada dua alternatif. Pertama, semua tim menggunakan ECU lama hingga ECU baru siap didistribusikan. Kedua, hanya tim pabrikan saja yang dibekali ECU baru.

Salah satu sumber dari tim satelit Ducati, mengatakan, ECU yang baru perbedaannya tidak signifikan dibandingkan ECU lama. Tapi, evolusinya lebih bertenaga.

“Sekarang ini belum dikembangkan dan kami tidak melihat ada kelebihannya dibandingkan dengan yang lama, ini hanya memiliki memori lebih dan prosesor lebih cepat,” ujar sumber tersebut.

Beberapa tim lainnya juga menyebutkan hal yang senada. Tapi, berbeda dengan Aprilia yang justru memilih ECU lama. Sebab, ECU yang baru belum sepenuhnya dikembangkan dan malah memberikan kendala.

Untuk diketahui, Magneti Marelli merupakan pemasok tunggal ECU untuk kelas MotoGP. Sejak 2016, Dorna Sports menetapkan regulasi penggunaan ECU tunggal agar tingkat persaingan tiap tim setara dan lebih kompetitif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!