upah.co.id – Lexus baru saja meluncurkan mobil terbarunya di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week ( GJAW ) 2023 . Mobil terbaru yang diluncurkan tersebut adalaha All New Lexus RZ .

Mobil ini bisa saja menjadi primadona baru bagi orang kaya di Indonesia. Selain bentuknya yang mewah, fitur dan teknologi yang dipasang pada mobil ini juga terhitung canggih.

Dalam keterangannya, General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma menyatakan Lexus RZ menjadi salah satu model pertama Lexus berjenis battery electric vehicle (BEV).

“Kali ini Lexus akan memperkenalkan The All New Lexus RZ yang merupakan Lexus First Dedicated BEV model secara ekslusif kepada pengunjung dan Lexus Enthusiast,” kata Bansar Maduma dalam keterangan resmi ke Pikiran-Rakyat.com pada Minggu, 12 Maret 2023 .

Dalam keterangannya, Bansar Maduma menjelaskan Lexus RZ merupakan versi produksi dari mobil konsep yang dipamerkan sebelumnya, yaitu Lexus LF-Z Electrified Concept.

“Pada ajang GIIAS 2022 tahun lalu, kami menghadirkan mobil konsep “Lexus LF-Z Electrified Concept” yang merupakan simbol transformasi “The Next Generation of Lexus“,” ujar Bansar.

“Mobil ini akhirnya terealisasi melalui The All New Lexus RZ ,” tuturnya lagi.

Untuk spesifikasinya, mobil ini menjadi penerus mobil listrik lainnya dari Lexus yaitu UX300e.

Tetapi mobil ini menggunakan platform yang sama dengan mobil listrik Toyota yaitu Toyota bZ4x. Karenanya, mobil ini sudah menggunakan platform terbaru mobil listrik yaitu Toyota e-TNGA.

All New Lexus RZ mengadopsi bahasa desain terbaru dari Lexus yaitu Spindle Body Concept. Desainnya sebenarnya mirip dengan bZ4X tapi hadir lebih mewah berkat sentuhan spesial dari Lexus.

Untuk saat ini memang Lexus masih belum mengumumkan spesifikasi Lexus RZ . Tapi mobil ini sudah diluncurkan untuk pasar global.

Lexus RZ di pasar global menggunakan motor listrik AC synchronous dengan sistem penggeram semua roda alias All Wheel Drive (AWD).

Hasilnya, mobil ini memiliki tenaga total 308 HP dengan pembagian 201 HP di roda depan dan 107 HP di roda belakang. Motor listrik tersebut juga bisa memberikan torsi maksimal 434,5 Nm ke seluruh ban dengan pembagian 266 Nm di roda depan dan 168,5 Nm di roda belakang.

Baterai yang digunakan pada mobil ini adalah Lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh, sama seperti bZ4X.

Untuk satu kali pengecasan, mobil diklaim bisa melaju dengan jarak mencapai 354 km.***