upah.co.id – Massa buruh dan mahasiswa yang melakukan aksi tolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Cipta Kerja membubarkan diri dari depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, pada Selasa 28 Februari 2023.

Pantauan Pikiran-Rakyat.com di lokasi massa membubarkan diri sekira pukul 18.18 WIB. Mereka menutup aksi dengan menyalakan flare atau suar persis di depan Gedung DPR.

Massa buruh dan mahasiswa pun secara perlahan mulai berjalan meninggalkan area aksi menuju Jalan Gerbang Pemuda secara tertib. Jalan yang semula padat pun kini mulai lengang.

Seiring dengan bubarnya massa aksi tampak sampah berserakan di jalanan. Sampah meliputi bungkus makanan dan minuman dari para peserta aksi.

Meski massa sudah perlahan membubarkan diri, ruas jalan depan Gerbang DPR belum dibuka bagi kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hanya satu lajur, yakni TransJakarta atau Busway yang dibuka. Alhasil sejumlah kendaraan harus mengantre.

Sementara itu petugas kepolisian juga masih berada di lokasi aksi. Mereka masih menunggu hingga massa aksi benar-benar meninggalkan lokasi.

Sebagaimana diketahui, Badan Legislasi (Baleg) DPR pada menyetujui Perppu Cipta Kerja segera dibawa ke Paripurna dan disahkan menjadi UU. Adapun dalam rapat tersebut dihadiri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto serta Menko Polhukam Mahfud MD.

Sementara itu dari sembilan fraksi di DPR hanya PKS yang menyatakan menolak Perppu dibawa ke Paripurna. Selain itu sejumlah DPD juga menyampaikan penolakan.***