upah.co.id – Menteri Luar NegeriRetno Marsudimengatakan persiapan Indonesia dalam menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November, sudah berjalan di jalur yang benar.

“Kita sudah siap dari segi logistik maupun dari segi substansi. Saya kira persiapan kita on the right track,” kata Retno kepada awak media di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Retnobersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru saja menemui Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan sejumlah perkembangan yang selama ini terjadi di tingkat menteri negara-negara G20.

Kendati demikian, Retno tidak mengungkapkan perkembangan apa saja yang ia maksud. Dia melaporkan kepada Jokowi terkait rangkaian sejumlah side events KTT G20 2022, termasuk enam pertemuan tingkat menteri G20 yang berlangsung pada Agustus hingga September.

Salah satunya adalah Pertemuan Menteri Pembangunan (DMM)G20 yang digelar sejak Rabu (7/9) hingga Jumat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

DMM G20 di Belitung membuahkan kesepakatan percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui penguatan ketahanan negara-negara berkembang dalam menghadapi krisis di masa depan.

Forum DMM G20 juga menyepakati dua dokumen penting, yakni Peta Jalan G20 untuk Pemulihan dan Ketahanan yang Lebih Kuat di Negara Berkembang, Negara Terbelakang, dan Negara Berkembang Pulau Kecil serta Prinsip G20 untuk Meningkatkan Keuangan Campuran di Negara Berkembang, Negara Terbelakang, dan Negara Berkembang Pulau Kecil.

Retno juga melaporkan kepada Jokowi terkait rangkaian kegiatan pertemuan tingkat menteri lainnya yang masih dijadwalkan berlangsung mulai Oktober hingga November menuju puncak acara KTT G20.

“Lalu nanti Oktober-November masih ada delapan pertemuan tingkat menteri sampai pada menuju ke KTT G20, tapi persiapannyaalhamdulillah on the right track,” ujarnya.

KTT G20 di Bali pada 15-16 November akan menjadi puncak dari rangkaian pertemuan tingkat menteri, working groups, dan engagement groups yang berlangsung sepanjang tahun. Seluruh pemimpin negara-negara G20 diharapkan hadir pada KTT G20 nanti.

Informasi terbaru, Duta Besar Rusia untuk RILyudmila Vorobieva menyatakan pihaknya sedang mempersiapkan kedatangan Presiden Vladimir Putinke Indonesia pada November.