Mobil “Maung” yang Dijajal Jokowi, Kendaraan Seri Ketiga untuk Latihan Tempur

upah.co.id – Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad , Sigit Puji Santosa menjelaskan kelebihan dari mobil bernama ” Maung ” yang dijajal Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di sela Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2023, Rabu (18/1/2023).

Sigit mengatakan, kendaraan taktis itu merupakan versi ketiga dari Maung yang diproduksi PT Pindad.

“Kendaraan versi ketiga ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan,” ujar Sigit dalam keterangannya, Rabu.

Sigit menuturkan, PT Pindad memproduksi tiga seri Maung dengan kelebihan berbeda-beda.

“Seri yang pertama untuk komandan, seri kedua untuk jelajah itu untuk kombinasi lapangan dan operasional, seri ketiga itu adalah seri untuk latihan tempur dan lain-lain sehingga dilengkapi dengan senjata,” tutur Sigit.

Sigit menyebutkan, Maung versi ketiga ini memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dua versi sebelumnya.

“Yang ini lebih compact, lebih lincah, lebih agile,” kata dia.

Adapun Menhan Prabowo Subianto terlihat menyopiri mobil bersama Presiden Joko Widodo di sela Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2023, Rabu pagi tadi.

Momen itu terjadi sebelum mereka memberikan nama tiga mobil produksi dari PT Pindad yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional TNI.

Prabowo dan Jokowi menaiki salah satu mobil itu. Dalam mobil berwarna hijau tersebut, Prabowo menunjukkan kepada Jokowi sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dipamerkan di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Selain tiga mobil itu, alutsista yang dipamerkan di depan Kantor Kementerian Pertahanan antara lain kapal Rhib Trimaran 12 m dan Tank Harimau.

Setelah mobil terparkir, Jokowi kemudian meresmikan tiga kendaraan tersebut.

Pantauan di lokasi, Jokowi menandatangani plakat pemberian nama tiga mobil tersebut.

Jokowi memecahkan kendi sebagai tanda pemberian nama, kemudian disambut tepuk tangan Menhan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Tiga mobil yang masing-masing berwarna hijau, biru laut, dan biru dongker tersebut diberi nama “Maung”.

“(Namanya) Maung,” ujar Jokowi saat ditanya mengenai nama ketiga mobil tersebut.

Namun demikian, Jokowi tidak menyebutkan alasan atau arti dari nama itu.

“Tanya Pak Menhan. Sudah dapat bisikan,” kata Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!