upah.co.id – Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengenang almarhum istri Koesni Harningsih yang sangat setia dan berdedikasi mendampingi dirinya semasa bertugas di TNI dan di pemerintahan.

“24 September 1985, istri saya telah mendampingi saya, sangat setia, sangat setia pada tugas dan kepada saya, mendedikasikan pengabdiannya yang luar biasa untuk prajurit-prajurit saya dan istrinya,” kata Moeldoko pada upacara pemakaman istrinya, Koesni Harningsih, yang digelar secara militer di Taman Makam Pahlawan Bahagia, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Minggu.

Moeldoko menikah dengan Koesni Harningsih sejak 1985. Koesni, kata Moeldoko, menunjukkan kesetiaan yang luar biasa dan turut membina prajurit-prajurit yang berada dalam tanggung jawab Moeldoko semasa berdinas di TNI.

Moeldoko mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, pimpinan Kodam Jaya, dan pimpinan Komando Garnisun Tetap I Jakarta yang telah menggelar upacara militer bagi almarhum Koesni.

Moeldoko mengatakan penghormatan dan upacara militer yang diberikan negara kepada almarhum merupakan hal yang sangat diharapkan oleh keluarga karena pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan almarhum kepada negara.

Moeldoko memohonkan maaf atas segala kesalahan istrinya semasa hidup.

“Saya memohonkan maaf atas istri saya apabila selama perjalanan hidupnya, istri saya almarhum telah lakukan kesalahan,” kata Mantan Panglima TNI itu.

Upacara militer bagi almarhum Koesni Harningsih dipimpin oleh Inspektur Upacara Letkol Arm Sony Adi yang merupakan Kepala Pemakaman Komando Garnisun Tetap I Jakarta.

Koesni Harningsih meninggal dunia pada Minggu pukul 04.49 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta karena sakit.

Turut hadir menyampaikan duka cita dalam upacara pemakaman, di antaranya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Tahir, Mantan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, serta para pejabat aktif dan purnawirawan di lingkungan TNI.

Sebelumnya, jenazah Koesni Harningsih disemayamkan di rumah duka di Jalan Terusan Lembang No.D54, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo turut melepas keberangkatan jenazah Koesni Harningsih, dari rumah duka untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Bahagia TNI, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Minggu.