upah.co.id – Jenazah Ratu Elizabeth II dibawa ke Edinburgh, Skotlandia, dari Kastil Balmoral tempat dia menghembuskan nafas terakhirnya di usia 96 tahun. Momen hening pun mewarnai perjalanan terakhir sang ratu yang bertakhta selama 70 tahun itu.

Dilansir dari BBC, Minggu (11/9/2022), keheningan mengiringi perjalanan jenazah Lilibet, sapaan akrab Ratu Elizabeth , sejak meninggalkan Kastil Balmoral. Keheningan menyelimuti suasana pagi tadi waktu setempat saat mobil jenazah keluar dari gerbang Kastil Balmoral. Suara Sungai Dee bahkan terdengar jelas sedang mengalir deras.

Di Ballater, desa dekat Kastil Balmoral, keheningan juga menyambut datangnya jenazah Ratu Elizabeth. Ratusan warga Ballater menyaksikan dalam diam saat mobil yang membawa jenazah sang ratu melintas.

Saat melewati Desa Aboyne di Aberdeenshire, alunan bagpipe yang merupakan alat musik tradisional Skotlandia, mengiringi perjalanan Ratu Elizabeth. Ratusan orang dari segala usia berbaris di jalur utama desa pada pagi September yang cerah dan indah.

Di Aberdeen kerumunan besar sudah berkumpul di Holborn Street, dekat Duthie Park dan di sepanjang jembatan King George VI yang dinamai sesuai nama ayah Ratu Elizabeth. Warga pun terdiam selama sekitar 10 menit saat jenazah Ratu Elizabeth melintas.

Dari Aberdeen, jenazah Ratu Elizabeth akan dibawa melintasi Stonehaven dan Dundee, di mana pejabat dan warga akan memberikan penghormatan.

Dari Dundee, rombongan akan melintasi jembatan yang diresmikan oleh Ratu Elizabeth pada tahun 2017 atau sekitar lima tahun lalu, Queensferry Crossing. Jenazah Ratu Elizabeth kemudian akan melewati Kastil Edinburgh sebelum akhirnya tiba di Istana Holyroodhouse.

Esok harinya, jenazah Ratu Elizabeth akan disemayamkan selama satu hari di Katedral St Giles, Edinburgh. Di sana, warga diperbolehkan untuk memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II.

Pada 13 September 2022, jenazah Ratu Elizabeth akan diterbangkan ke London. Setibanya di London, jenazah Ratu Elizabeth akan dibawa ke Istana Buckingham.

Kemudian keesokan harinya, jenazah Ratu Elizabeth akan dibawa ke Westminster Hall untuk disemayamkan selama lima hari, di mana warga diperbolehkan memberikan penghormatan. Perjalanan ke Westminster Hall itu akan diiringi parade militer. Peti jenazah Ratu Elizabeth juga akan dibawa dengan kereta meriam Artileri Kuda Kerajaan Pasukan Raja.

Pada 19 September di pagi hari waktu setempat, upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth digelar. Upacara pemakaman kenegaraan itu dilakukan di Westminster Abbey. Dari Westminster Abbey, jenazah Ratu Elizabeth kemudian akan dibawa ke Istana Windsor. Di Kapel St George, Istana Windsor, Ratu Elizabeth akan dimakamkan. Di kapel itu juga terbaring suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip, dan ayah Ratu Elizabeth, Raja George VI.