upah.co.id – Pameran IIMS 2023 baru saja berlalu, meski begitu produsen motor listrik Selis sudah siap meluncurkan produk barunya. Rencananya, sebuah motor listrik dengan jarak tempuh mencapai 180 Km bakal dipasarkan tahun 2023.

Wilson Teoh, Direktur Operasional PT Gaya Abadi Sempurna (Selis), mengatakan, ubahan model baru ini akan berfokus pada baterai.

“Yang 180 Km belum dipasarkan, rencananya segera pada tahun ini. Belum ada (pre-booking), nanti kita akan launching tersendiri. Sementara ini buat E-Max dan Go Plus,” ujar Wilson, kepada Kompas.com (25/2/2023).

Wilson mengatakan, nantinya produk Selis bakal tersedia dalam tiga pilihan baterai yang menentukan jarak tempuh motor listrik.

“Ada tiga pilihan baterai, yang pertama Lead Acid mencapai 50 Km rata-rata. Yang kedua adalah baterai litium mencapai 120 Km, yang ketiga (baterai litium) adalah yang mau kita launching ini mencapai 180 Km,” ucapnya.

Ia menambahkan, motor listrik Selis mengusung konsep baterai yang bisa dilepas pasang. Hal ini yang membuat baterai motor ini bisa ditukar sesuai keinginan.

YouTube video player

“Jadi baterai ini removable. Karena konsep swap ini cukup variatif, ada yang swap menggunakan kabinet, tapi kita enggak menggunakan itu,” kata Wilson.

“Jadi orang yang tinggal di apartemen, kalau mau mengecas di motor kan akan sulit. Tapi karena ini bisa di-removable, bisa dibawa ke atas,” ujar dia.

Menurut Wilson, motor listrik jarak dengan jarak tempuh yang jauh ini bakal menyasar pasar fleet (pembelian borongan), selain konsumen retail.

“Kita melihat ini menjadi pasar yang sangat potensial. Karena ojek daring minimal sehari itu mencapai 120 Km untuk rata-rata pemakaian harian. Jadi 180 Km jauh di atas ini,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.