upah.co.id – Persaingan mobil di kelas SUV memang kian ketat, yakni diperebutkan oleh Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero. Namun, kehadiran Hyundai New Palisade akhir Juli lalu bisa menjadi pewarna tersendiri, bahkan bisa menggerus kedigdayaan Fortuner-Pajero.

Memang secara segmen, kedua mobil tersebut berbeda dengan New Palisade. Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur pun mengindikasikan bahwa Palisade tidak berada satu segmen dengan dua mobil tersebut.

“Fortuner Pajero itu Santa Fe, ini di atasnya. Jadi kebetulan kita menguasai segmen di E dan F. Kita optimis dengan hal itu (semakin kuasai pasar) karena yang inden juga masih berjalan,” katanya kepada CNBC Indonesia saat peluncuran New Hyundai Palisade di The Langham, dikutip Rabu (31/8/2022).

Ukuran ketiganya juga berbeda, dimana Palisade terlihat lebih bongsor. Hyundai Palisade memiliki panjang keseluruhan 4.995 mm, lebar 1.975 mm, tinggi 1.750 mm, jarak sumbu roda 2.900 mm, dan ground clearance 203 mm.

Sementara Pajero Sport memiliki panjang keseluruhan 4.825 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.835 mm, dan ground clearance 218 mm. Lalu Toyota Fortuner punya panjang keseluruhan 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm, dan jarak sumbu roda 2.745 mm.

Harganya pun beda cukup jauh, di mana banderol termurah untuk Palisade ada di angka Rp 842.000.000 untuk untuk tipe Prime. Kemudian tipe Signature 2WD dengan harga Rp977.000.000 serta Signature AWD dengan harga Rp1.110.000.000.

Produk baru Palisade mendapat berbagai pembaruan dari segi interior, eksterior, fitur keselamatan hingga sistem bantuan pengemudi terdepan. Selain dilengkapi dengan grille cascade yang lebih lebar.

New Hyundai Palisade mengusung berbagai fitur tambahan dari Hyundai SmartSense. Tidak hanya itu, Hyundai Bluelink juga dihadirkan sebagai teknologi konektivitas untuk memungkinkan pengguna New Palisade untuk tetap terhubung dan memiliki akses penuh pada mobil nya, hanya dengan melalui smartphone.

Terdapat beberapa varian warna eksterior, seperti Creamy White Pearl, Moonlight Blue Pearl, Graphite Gray Metallic, Abyss Black Pearl, Shimmering Silvering Metallic. Sementara itu, dari segi interiornya mobil ini tersedia dalam 3 warna pilihan, yaitu Black Monotone, Black & Burgundy, Navy & Warm Grey.

“New Hyundai Palisade dirancang untuk menghadirkan kesan premium yang luar biasa ke tingkat yang lebih tinggi. Kami menghadirkan fitur dan tampilan terbaru dari Palisade untuk meningkatkan kualitas perjalanan yang nyaman dan mewah,” kata WooJune Cha, Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia.

Hyundai pun memperbarui desain mobil ini sehingga terlihat lebih menyatu dengan grille nya dan menerapkan fitur Parametric Shield. Terdapat juga Parametric Hidden-Type DRL yang mengintegrasikan grille dan lampu secara penuh sehingga tampilan lampu tidak terlihat saat mobil dalam keadaan mati.

Mobil ini hadir dengan tipe mesin kendaraan R. 2.2 L CRDI inline 4 cylinder diesel with e-VGTyang didukung dengan 8-speed automatic transmission system untuk mendukung efisiensi bahan bakar yang maksimal serta menghasilkan performa mesin yang optimal. Performa dari New Hyundai Palisade dapat mencapai tenaga maksimum hingga 200 PS/3,800 rpm dengan torsi maksimum mencapai 440 Nm/1,750-2,750 rpm.

Selain itu, Palisade terbaru ini memiliki tipe mode berkendara atau Drive Mode untuk membantu menentukan gaya berkendara paling sesuai. Comfort untuk aktivitas berkendara sehari-hari, Eco untuk efisiensi penggunaan bahan bakar yang optimal, mode Sport untuk akselerasi mobil yang lebih cepat, atau Smart yang menggunakan algoritma pembelajaran yang secara otomatis menyesuaikan interval perpindahan gigi berdasarkan pola berkendara dari pengemudi.

Terkait harga, berikut gambaran banderol untuk Palisade on the road Jakarta:

– Palisade Prime dengan harga Rp842.000.000- Palisade Signature 2WD dengan harga Rp977.000.000- Palisade Signature AWD dengan harga Rp1.110.000.000.