upah.co.id – Di usianya yang sudah menginjak 46 tahun, Irfan Hakim sudah mempersiapkan tanah makam , kain kafan , hingga tutup keranda.

Menurut Irfan Hakim , kematian merupakan suatu hal yang pasti terjadi.

Maka dari itu Irfan Hakim sudah mempersiapkan diri apabila sang ajal menjemputnya.

“Maut itu kepastian, karena pasti (datang) gua harus mempersiapkan, nggak boleh takut tapi harus disiapkan.”

“Siapkan segala macam, tanah makamnya, kain kafanya, tutup kerandanya,” ujar Irfan Hakim, dikutip pada kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis (8/9/2022).

Ternyata Irfan Hakim punya alasan telah mempersiapkan kebutuhannya tersebut.

Diakui Irfan Hakim , dirinya tak mau merepotkan banyak orang saat ia meninggal dunia kelak.

“Gue nyiapin itu semua karena gak mau ngrepotin banyak orang, gue mempersiapkan sesuatu yang pasti,” beber Irfan Hakim .

“Masa mobil pada mewah, rumah megah tapi buat masa depan gak ada persiapan,” tambah Irfan Hakim .

Irfan Hakim menceritakn kejadian di masa lalu yakni sanak saudaranya yang telah meninggal tanpa persiapan apapun.

Irfan Hakim menyebut sang adek dan kakak iparnya telah meninggal.

Namun kini makam mendiang telah hilang karena dimakamkan di pemakaman umum.

“Adek aku meninggal dunia ketika aku kelas dua SD, dia empat tahun, namanya Dendi, kemudian kakak ipar aku juga meninggal satu minggu setelah melahirkan anaknya.”

“Nah makamnya tuh nggak ada, karena dimakamin di tempat umum, dan kita tidak mewajibkan untuk nyekar karna kan berdoa bisa dari manapun. “

“Akhirnya tidak diperpanjang makam tersebut, akhirnya hilang,” ujar Irfan Hakim .

Kejadian itu seolah menjadikan Irfan Hakim sebagai pembelajaran.

Ia pun memutuskan beli tanah untuk dijadikan temapt pemakaman keluarga besarnya kelak.

“Akhirnya aku mikir ya udah deh nyari tanah, ada tanah lumayan bagus, lokasi tepat dan viewnya juga bagus.”

“Ya udah akhirnya minta izin ke orangtua, awalnya deg-degan banget untuk menjadikan itu tanah makam , taunya disambut dengan baik,” pungkas Irfan Hakim .

(Tribunnews.com/Izmi Ulirrosifa)