upah.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan akan mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) pada Rabu, 7 September 2022.

Agenda Anies Baswedan ke KPK , diketahui sebagai jawaban atas surat panggilan terkait penyelenggaraan Formula E.

Tepatnya, Anies Baswedan hanya berusaha memenuhi panggilan KPK , yang diklaim hanya untuk mengungkap keterangan terkait Formula E.

“Insya Allah saya akan datang dan akan membantu untuk bisa membuat semuanya menjadi lebih jelas,” kata Anies Baswedan dalam pernyataan pada Senin, 5 September 2022 kemarin.

Tak berselang lama, KPK juga buka suara terkait surat panggilan untuk Anies Baswedan itu.

Juru Bicara KPK , Ali Fikri menyebut kehadiran Anies Baswedan diperlukan untuk mengungkap keterangan yang dapat menjadi gambaran utuh bagi mereka terkait penyelenggaraan Formula E.

Saat ini, KPK mengaku sedang menyelidiki permasalahan penyelenggaraan Formula E yang berlangsung di DKI Jakarta itu.

Salah satunya, upaya KPK meminta keterangan dari para saksi sesuai koridor hukum yang berlaku.

“Proses ini sebagai salah satu langkah agar KPK bisa mendapatkan gambaran awal dan utuh terkait dugaan peristiwa pidana dimaksud,” kata Ali Fikri selaku juru bicara KPK dalam pernyataan persnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Selasa, 6 September 2022.

Menurut Ali Fikri, bukan hanya Anies Baswedan yang diundang, KPK dapat mengundang berbagai pihak mana pun seiring berjalannya penyelidikan masalah Formula E itu.

“Hal ini untuk melengkapi pengumpulan bahan keterangan dalam rangka mencari dan menemukan adanya dugaan peristiwa pidana. Tentu sebagai tindak lanjut KPK atas laporan masyarakat,” kata Ali menerangkan.

Selain itu, KPK meminta pihak-pihak yang diminta keterangan terkait Formula E dapat bersikap kooperatif.

Sementara itu, pengusutan masalah Formula E telah memanggil berbagai pihak untuk dimintai keterangan, di antaranya, mantan Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo, dan terbaru Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan .***