upah.co.id – Lalu, apa saja sebenarnya tugas dari Kanit Provos?

Menyandur dari Jatim.polri.go.id, ada beberapa poin yang dilakukan oleh seksi provos dan pengamanan, yang dijabarkan sebagai berikut.

Sipropam bertugas melaksanakan pembinaan dan pemeliharaan disiplin, pengamanan internal, pelayanan pengaduan masyarakat yang diduga dilakukan oleh anggota Polri dan/atau PNS Polri, melaksanakan sidang disiplin dan/atau kode etik profesi Polri, serta rehabilitasi personel;

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2),Sipropam menyelenggarakan fungsi:

Unit Provos juga bertugas pengawasan kedalaman (internal) guna memastikan kelengkapan anggota dalam melaksanakan tugas sehari hari, serta bertugas memberikan pelayanan pengaduan masyarakat tentang penyimpangan perilaku dan tindakan personil Polri, penegakan disiplin dan ketertiban personil.

Hal ini bertentangan dengan apa yang telah dilakukan oleh Aipda Rudi Suryanto yang didasari oleh ketersinggungan dengan Aipda Karnain yang diduga menjelekkan nama keluarga Aipda Rudi Suryanto.

Kasus ini menambah daftar kasus kriminal yang dilakukan oleh anggota kepolisian. Banyak warganet yang berkomentar di media sosial dengan menyamakan kasus ini dengan pembunuhan Brigadir J karena dilakukan oleh petinggi Polri juga.