upah.co.id – Difteri adalah penyakit yang dapat ditularkan melalui batuk, bersin, atau luka terbuka. Beberapa tandanya adalah sakit tenggorokan dan kesulitan bernapas. Difteri disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphteriae yang menyerang kulit dan selaput lendir di hidung dan tenggorokan.

Penyakit ini dapat menyerang orang dari segala usia, dan dapat menyebabkan infeksi serius yang dapat membunuh seseorang. Antibiotik dan antitoksin digunakan untuk membunuh bakteri. Mendapatkan suntikan difteri adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit ini.

Bakteri Corynebacterium diphtheriae menyebabkan difteri ketika masuk ke dalam tubuh. Pada sebagian kondisi, bakteri ini masuk ke hidung dan tenggorokan. Setelah seseorang terinfeksi, bakteri melepaskan bahan kimia berbahaya yang disebut racun. Racun ini menyebar melalui aliran darah dan menyebabkan lapisan abu-abu yang tebal. Biasanya, lapisan ini terbentuk di sekitar hidung, tenggorokan, lidah, dan saluran udara.

Dalam beberapa kasus, racun ini juga dapat melukai organ lain seperti jantung, otak, dan ginjal, yang dapat menimbulkan masalah yang dapat mengancam jiwa. Difteri adalah penyakit menular yang bisa sangat berbahaya bahkan membunuh Anda. Jika difteri tidak diobati, bakteri penyebabnya bisa membuat racun yang melukai jantung, ginjal, atau otak Anda.

Bakteri Corynebacterium diphtheria adalah penyebab difteri , dan dapat ditularkan dari orang ke orang. Difteri dapat menyebar ketika seseorang batuk atau bersin dan memercikkan air liurnya ke orang lain, atau jika air liur orang tersebut mengenai mereka atau mereka menelannya.

Anda juga bisa sakit jika menyentuh benda-benda seperti gelas atau sendok yang sudah terkontaminasi air liur pasien.

Difteri bisa terjadi pada siapa saja. Sebaliknya, orang yang tidak mendapatkan vaksin difteri lengkap lebih mungkin terkena difteri . Difteri juga lebih mungkin terjadi pada orang yang:

1. Tinggal di tempat yang banyak orang atau tidak bersih.

2. Pergi ke tempat-tempat yang sedang terjadi wabah difteri .

3. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti menderita AIDS.

Gejala difteri muncul 2 hingga 5 hari setelah seseorang sakit. Namun, tidak semua orang yang mengidap difteri akan mengalami gejala tersebut. Saat gejala muncul, biasanya terlihat seperti lapisan abu-abu tipis di tenggorokan dan amandel orang yang mengidapnya.

Selain lapisan abu-abu di tenggorokan, ini adalah beberapa tanda lain bahwa Anda mungkin terkena difteri . Berikut adalah sajiannya:

1. Suara serak

2. Pilek

3. Batuk

4. Menggigil

5. Sakit tenggorokan

6. Saat pembengkakan kelenjar getah bening membuat leher terlihat seperti ada benjolan

7. Lemas

8. Demam

Periksa dengan dokter Anda jika Anda memiliki gejala di atas, terutama jika Anda memiliki kemungkinan terkena difteri .

Jika Anda memiliki gejala difteri yang lebih parah, maka Anda harus segera pergi ke IGD rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. Berikut ialah gejala berat orang yang yang mengidap difteri :

1. Berdebar di dada

2. Kesulitan melihat

3. Telapak tangan berkeringat

4. Kulit pucat atau biru.

5. Kesulitan mendapatkan air yang cukup

Kemudian, lapisan abu-abu pada tenggorokan atau amandel dapat menjadi tanda bahwa seseorang menderita difteri . Tetap saja, dokter akan melakukan swab atau memeriksa tenggorokan untuk memastikannya.

Untuk pemeriksaan tenggorokan, sampel lendir diambil dari tenggorokan pasien kemudian diperiksa di laboratorium.

Difteri merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang perlu segera diobati. Statistik menunjukkan bahwa bahkan setelah mendapatkan pengobatan, 1 dari 10 orang dengan difteri meninggal.

Difteri dapat diobati dengan beberapa cara, antara lain:

1. Pemberian penawar dengan suntikan

Antitoksin akan melawan racun yang dibuat oleh bakteri difteri . Dokter akan memberikan suntikan itu. Sebelum disuntik, orang tersebut akan menjalani tes alergi kulit untuk memastikan mereka tidak alergi terhadap antitoksin.

2. Antibiotik

Bakteri penyebab difteri akan dibunuh dengan antibiotik, dan infeksinya akan diobati. Perlu diingat bahwa antibiotik harus diminum sesuai resep dokter sampai habis untuk memastikan tubuh bebas dari difteri .

Pada sebagian kasus, pasien tidak dapat lagi menyebarkan difteri setelah dua hari minum antibiotik.

Selain itu, Difteri disebabkan oleh bakteri yang membuat racun yang dapat melukai jaringan di hidung dan tenggorokan, sehingga sulit bernapas. Racun juga bisa masuk ke aliran darah dan menyerang organ yang berbeda.

Beberapa hal yang bisa salah adalah:

1. Gagal ginjal

2. Pneumonia atau infeksi paru-paru

3. Kerusakan saraf

4. Kelumpuhan

5. Kemerahan atau pembengkakan otot jantung (miokarditis).

Penanganan penyakit difteri

Anda dapat menghindari terkena penyakit difteri jika Anda melakukan hal berikut:

1. Imunisasi DPT

Pastikan anak tidak keberatan dengan larangan DPT, yaitu pemberian vaksin difteri , tetanus, dan batuk rejan (pertusis) secara bersamaan. Salah satu undang-undang Indonesia mengatakan bahwa anak-anak harus mendapatkan suntikan DPT saat berusia 2, 3, 4, dan 18 bulan, serta saat berusia 5 tahun.

2. Konsultasikan dengan dokter

Jika anak Anda berusia di atas 7 tahun dan belum mendapatkan vaksin DPT, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

3. Antibiotik

Antibiotik dapat diberikan kepada orang yang dekat dengan penderita difteri sebagai cara agar tidak tertular.

Demikian penyebab, risiko, gejala , dan penanganan penyakit difteri untuk menjaga diri kita agar tetap sehat dan bugar.***