upah.co.id – Planet yang ada di tata surya dengan ukuran terbesar adalah Jupiter .

Planet Jupiter merupakan raksasa gas dengan massa seperseribu massa Matahari. Dan dua setengah kali jumlah massa semua planet lain di Tata Surya.

Ciri-ciri planet Jupiter yakni permukaannya dilapisi awan tebal yang terbentuk dari 10 persen gas helium dan 90 persen hidrogen .

Pesawat ruang angkasa Juno dari NASA merilis sebuah foto ketika berada pada jarak 5.300 kilometer dari puncak awan raksasa gas ketika gambar itu diambil.

Pesawat ruang angkasa Juno NASA baru-baru ini menangkap warna kompleks dan struktur permukaan Jupiter .

Gambar mencolok menunjukkan pusaran pirus, putih susu, oker tua dan biru tua menutupi permukaan planet dengan cara yang memukau.

Dalam siaran pers, NASA mengatakan bahwa pesawat Juno mengambil gambar itu pada 5 Juli saat terbang dekat Jupiter ke-43.

Pesawat ruang angkasa itu berada pada jarak 5.300 kilometer dari puncak awan raksasa gas ketika gambar itu diambil.

“Ilmuwan Bjorn Jonsson menciptakan dua gambar ini menggunakan data mentah dari instrumen JunoCam di atas pesawat ruang angkasa,” kata NASA .

Lebih lanjut dijelaskan bahwa gambar di sebelah kiri menunjukkan pemandangan seperti yang terlihat oleh pengamat manusia dalam posisi Juno .

Pada gambar di sebelah kanan, Jonsson secara digital meningkatkan saturasi dan kontraksi warna untuk memungkinkan struktur atmosfer planet yang rumit muncul ke permukaan.

Ini dengan jelas mengungkapkan beberapa aspek yang paling menarik dari atmosfer Jupiter .

Juga termasuk variasi warna yang dihasilkan dari komposisi kimia yang berbeda, sifat tiga dimensi dari pusaran Jupiter yang berputar.

Serta awan kecil menonjol yang terang yang terbentuk di dataran tinggi, bagian dari atmosfer, kata NASA menambahkan.***