Travel  

Peserta ASEAN Tourism Forum 2023 Bisa Ikut Wisata Gratis di Yogyakarta

upah.co.id – Panitia ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menyiapkan paket wisata gratis bagi peserta perhelatan tersebut.

Paket wisata ini akan tersedia dalam bentuk pre-tour (sebelum) dan post-tour (setelah) saat ATF 2023 digelar mulai Kamis (2/2/2023) hingga Minggu (5/2/2023) mendatang.

“Untuk pre-tour nanti ada pada tanggal 2 Februari (2023) akan ada tiga paket tur yang akan dikunjungi para buyer atau delegasi yang sifatnya wajib dan itu gratis,” ujar Sekretaris Panitia Pelaksana ASEAN Tourism Forum 2023 Bobby Ardianto, dikutip dari Antara, Selasa (17/1/2023).

Paket pre-tour untuk peserta ATF 2023

Paket pre-tour pertama akan terdiri dari kunjungan ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Taman Sari, lalu makan malam di salah satu hotel di Kota Yogyakarta.

Sementara itu, paket pre-tour kedua akan meliputi kunjungan ke kawasan perajin perak dan kampung wisata di Kota Gede, lalu makan malam di HeHa Sky View di Gunungkidul.

Ada juga paket pre-tour ketiga yang mencakup makan siang di Desa Wisata Nanggring, kemudian kunjungan ke Museum Ullen Sentalu dan Sentra Jamu Gendong, serta ditutup oleh makan malam di Gudeng Yu Djum.

Paket post-tour untuk peserta ATF 2023

Paket post-tour, kata Bobby, akan dilaksanakan pada Senin (6/2/2023) atau setelah ATF 2023, namun bersifat tidak wajib.

“Semuanya free (gratis) buat buyer yang masuk kuota post-tour itu. Mereka extend (perpanjang waktu menginap) kurang lebih ada yang dua malam dan tiga malam di DIY untuk mengikuti itu,” terangnya.

Adapun paket post-tour ini didukung oleh dinas pariwisata di sejumlah wilayah, di antaranya Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Gunungkidul.

Bobby berharap agar pengelola tempat wisata di DIY siap menerima kunjungan peserta ATF 2023, salah satunya dengan memberikan pelayanan berstandar internasional.

“Mau tidak mau, suka tidak suka, bagaimanapun destinasi pariwisata di DIY harus memiliki kesadaran meningkatkan kualitasnya dengan standar pelayanan internasional,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!