upah.co.id – Raja Charles III menyampaikan pidato televisi pertamanya kepada warga Inggris sebagai penguasa setelah kematian ibunya Ratu Elizabeth II. Charles mengatakan Ratu Elizabeth menjalani hidup dengan baik.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (10/9/2022), pidato tersebut direkam sebelumnya pada Sabtu (9/9) waktu Inggris dari Istana Buckingham. Pada saat yang sama, kebaktian peringatan di Katedral St Paul sedang berlangsung.

“Saya berbicara kepada Anda hari ini dengan perasaan duka yang mendalam,” katanya.

“Sepanjang hidupnya Yang Mulia Ratu, ibuku tercinta, adalah inspirasi dan contoh bagi saya dan seluruh keluarga saya.”

Raja Charles III mengatakan Ratu Elizabeth menjalani kehidupan dengan baik. Raja Charles III menyampaikan pidato pertamanya sekarang sebagai Raja Inggris kepada warga Inggris dan dunia.

“Dan kami berutang padanya utang paling tulus yang bisa dimiliki keluarga mana pun kepada ibu mereka atas cinta, kasih sayang, bimbingan, pengertian, dan teladannya,” tambahnya.

Dalam pidato pertamanya kepada Inggris sebagai raja baru, Raja Charles III mengatakan dia memperbarui janji pelayanan seumur hidup kepada bangsa Inggris.

“Ratu Elizabeth menjalani kehidupan dengan baik-sebuah janji dengan takdir yang ditepati. Dan dia sangat berduka dalam pengejarannya. Janji layanan seumur hidup itu, saya perbarui kepada Anda semua hari ini,” katanya dalam sambutannya yang disiarkan televisi.

Dia juga berjanji untuk menjalankan tugas seperti yang diemban mendiang Ratu Elizabeth untuk pengabdiannya ke wilayah Inggris di seluruh dunia.

“Dan di mana pun Anda tinggal di Inggris, atau di alam dan wilayah di seluruh dunia, dan apa pun latar belakang atau kepercayaan Anda, saya akan berusaha melayani Anda dengan kesetiaan, rasa hormat, dan cinta, seperti yang saya lakukan sepanjang hidup saya,” ucapnya.