upah.co.id – Fenomena walk out berjemaah yang dilakukan oleh seluruh anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) menghiasi Sidang Paripurna DPR yang berlangsung hari ini, Selasa 6 September 2022.

Dalam Sidang Paripurna yang digelar untuk membahas pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2021, turut diulas pula kenaikan harga bahan bakar minyak ( BBM ).

Tiba saatnya Ketua DPR , Puan Maharani menanyakan persetujuan soal pertanggungjawaban APBN TA 2021, salah satu perwakilan PKS , Mulyanto melayangkan interupsi.

“Interupsi pimpinan dari PKS ,” kata Mulyanto.

Puan pun mempersilakan anggotanya untuk menyampaikan suara.

Mulyanto menegaskan pihaknya tak setuju atas kebijakan baru yang membuat masyarakat menjerit, apa lagi kalau bukan kenaikan harga BBM .

“Kami ingin menyampaikan aspirasi masyarakat dengan PKS , dengan ini kami menyatakan, Fraksi PKS menolak kenaikan harga BBM bersubsidi, karena ini jelas-jelas memberatkan masyarakat,” ujar Mulyanto mewakili partainya.

Penolakan diajukan mengingat wacana tersebut banyak menuai kontra di tengah masyarakat.

Lebih lanjut, PKS menyatakan sikap akan mendukung aksi masyarakat berunjuk rasa menyikapi polemik meroketnya harga bahan bakar minyak bersubsidi.

“Hari ini di depan demo terus menerus dilaksanakan oleh masyarakat. Kami mendukung demo – demo masyarakat atas penolakan ini,” ucap Mulyanto.

Setelah interupsi itu disampaikan, seluruh anggota PKS berdiri sambil mengacungkan selembar kertas bertulis ‘ PKS Menolak Kenaikan Harga BBM ‘.

Tulisan pada selembar kertas putih itu sengaja dicetak dengan warna merah sebagai penekanan adanya penolakan keras.

Antipati sudah dipersiapkan sebelumnya melalui konsolidasi internal sebelum rapat.

Oleh karena itu, sebagai bentuk keseriusan PKS mendampingi rakyat, seluruh anggotanya memutuskan untuk keluar dari ruang persidangan atau walk out .

“Melalui konsolidasi internal sebelum rapat, Fraksi PKS memutuskan untuk meninggalkan ruang rapat paripurna DPR RI sebagai bentuk penolakan terhadap kenaikan harga BBM ,” kata Fraksi PKS melalui akun Twitter @FPKSDPRRI.

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di SeputarTangsel.pikiran-rakyat.com berjudul “Salurkan Aspirasi Rakyat Tolak Kenaikan Harga BBM bersubsidi, Fraksi PKS Walk Out dari Rapat Paripurna DPR RI ,” ***