upah.co.idPIKIRAN RAKYAT- kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis 8 September kemarin sempat menggemparkan Inggris, bahkan Dunia.

Ratu Elizabeth II meninggal dengan tenang pada Kamis, 8 September 2022 di rumahnya di Skotlandia, Kastil Balmoral , pada usia 96 tahun, dikelilingi oleh keluarganya.

Namun ada kenang-kenangan terakhir sang Ratu yakni foto terakhirnya beberapa hari sebelum kematiannya.

Terlihat ratu tampak berbeda dan lebih kurus. Beliau kehilangan banyak berat badan akibat penyakit yang dideritanya.

Foto terakhir sang ratu yang mengharukan menunjukkan wajah pemimpin monarki itu tersenyum dan memegang tongkat sambil berdiri di samping perapian di Kastil Balmoral .

Gambar itu dibagikan pada Selasa, 6 September 2022 dua hari sebelum kematiannya, ketika dia secara resmi menunjuk Liz Truss sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru, potret itu diambil oleh fotografer Jane Barlow.

Mengenakan rok kotak-kotak, kardigan abu-abu, dan kancing biru pucat, sang ratu terlihat tersenyum ke kamera.

Upacara simbolis berlangsung di retret Balmoral di Dataran Tinggi Skotlandia, karena ratu dianggap tidak layak untuk kembali ke London karena kesehatan yang buruk.

“Ratu menerima hadirin anggota parlemen Elizabeth Truss yang terhormat hari ini dan memintanya untuk membentuk pemerintahan baru,” kata Ratu Elizabeth II , Senin 5 September 2022.

Pada Kamis malam, 8 September 2022, sebuah pemberitahuan yang dipasang di gerbang Istana Buckingham berbunyi: “Sang Ratu meninggal dengan damai di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok.”

Charles yang berusia 73 tahun, anak dari ratu Elizabeth II menjadi raja segera setelah kematian ibunya pada hari Kamis, 8 September 2022 pukul 16.00 sore waktu Inggris. Setelah itu penghormatan mengalir dari seluruh dunia.

Lonceng gereja yang teredam akan berdentang di Westminster Abbey, Katedral St Paul dan Kastil Windsor, di antara tempat-tempat lain, dan bendera Union akan berkibar setengah tiang selama 10 hari berkabung di Inggris.

Truss dan menteri senior lainnya akan menghadiri upacara peringatan publik di St Paul’s, sementara Parlemen Inggris akan memulai dua hari penghormatan khusus.***