Profil Francisco Pizarro, Tokoh yang Tergabung dalam Ekspedisi Menemukan Samudera Pasifik

upah.co.id – Francisco Pizarro pada 1513 bergabung dengan Vasco Núñez de Balboa dalam perjalanannya ke Laut Selatan yang berhasil menemukan Samudra Pasifik. Kemudian, pada 1532, Pizarro dan saudara-saudaranya menaklukkan Peru.Tiga tahun kemudian, Francisco Pizarro mendirikan ibu kota baru negara, Lima. Namun Pizarro dibunuh pada 26 Juni 1541 di Lima, Peru, oleh anggota faksi musuh penakluk yang dendam terhadapnya.Francisco Pizarro lahir dari hubungan di luar pernikahan pada 1476, di Trujillo, Spanyol, sebuah daerah yang dilanda kemiskinan.Ayahnya, Kapten Gonzalo Pizarro merupakan seorang petani miskin dan ibunya, Fransisza Gonzales adalah keturunan dari keluarga yang sederhana.

Pada 1510, ia menemani penjelajah Spanyol yaitu Alonzo de Ojeda dalam perjalanan ke Uraba, Kolombia. Meskipun ekspedisi itu tidak membuahkan hasil, namun Pizarro terus membuktikan bahwa dia bisa diandalkan.Menjelajah LautPada 1513, Francisco Pizarro bergabung dengan penakluk Balboa dalam perjalanannya ke Laut Selatan, melintasi Tanah Genting Panama.Selama perjalanan mereka, Balboa dan Pizarro menemukan apa yang sekarang dikenal sebagai Samudra Pasifik, meskipun Balboa diduga memata-matai terlebih dahulu, dan karena itu dianggap sebagai penemuan pertama Samudra di Eropa.Ironisnya, Pizarro kemudian menangkap Balboa di bawah perintah Pedro Arias de vila, yang merupakan saingan Balboa dan dikenal sebagai tiran.Setelah itu, Pizarro tinggal di Panama untuk sementara waktu, dimana ia dianugerahi sebuah perkebunan. Ia menjabat sebagai walikota Panama City dan mengumpulkan sedikit uang.

Perjalanan pengintaian pertama mereka sampai ke Sungai San Juan. Yang berikutnya memberi Pizarro kesempatan untuk menjelajahi lebih jauh ke selatan di sepanjang pantai.Sementara itu, kepala navigator Pizarro, Bartolome Ruiz, melintasi khatulistiwa dan kemudian kembali dengan membawa kabar tentang daerah-daerah itu di selatan khatulistiwa.Menaklukkan Peru dan KematianPada 1528, Pizarro kembali ke Spanyol dan berhasil mendapatkan komisi dari Kaisar Charles V.Pizarro menaklukkan wilayah selatan dan mendirikan provinsi Spanyol baru di sana.

Pada 1532, ditemani oleh saudara-saudaranya, Pizarro menggulingkan pemimpin Inca Atahualpa dan menaklukkan Peru. Tiga tahun kemudian, ia mendirikan ibu kota baru Lima.Seiring waktu, ketegangan semakin meningkat antara conquistador yang awalnya menaklukkan Peru dan mereka yang datang kemudian untuk mempertaruhkan beberapa klaim di provinsi baru Spanyol.Akibatnya, para penakluk terpecah menjadi dua faksi. Satu dijalankan oleh Pizarro, dan yang lainnya oleh mantan rekannya, Almagro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!