upah.co.idPIKIRAN RAKYAT- Pada Rabu 7 September 2022 Presiden Joko Widodo menjadwalkan akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB ) di Istana Kepresidenan, Jakarta di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sepeninggal Tjahjo Kumolo, Azwar Anas akan mengisi kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB).

Lalu siapa Abdullah Azwar Anas yang kini akan dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB ), berikut profil lengkapnya.

Pria kelahiran Banyuwangi Jawa Timur itu lahir pada 6 Agustus 1973 yang sekarang menginjak umur 49 tahun.

Sebelumnya Azwar Anas menjabat sebagai Bupati Banyuwangi pada 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Anas dilantik menjadi bupati setelah mengalahkan 2 kontestan pemilihan kepala daerah lainnya yakni pasangan Ir. Djalaludin-Yusuf Nuris dan Emillia Contessa-Zaenuri.

Memiliki nama lengkap Abdullah Azwar Anas , S.Pd., S.S., M.Si. adalah seorang politisi Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sejak 13 Januari 2022.

Bahkan Azwar Anas pernah menjadi anggota MPR termuda yang dilantik pada usianya yang masih 24 tahun.

Pria berpartai politik PDI Perjuangan itu sempat mencalonkan diri sebagai anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) untuk periode 1999-2004.

Namun sayangnya pada saat itu Azwar Anis mendapat perolehan suara yang sedikit sehingga gagal dalam pemilihan.

Pada pemilihan berikutnya Azwar Anis mencalonkan diri lagi sebagai anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) untuk periode tahun 2004-2009 menggantikan anggota FKB yang meninggal.

Tak hanya itu selama menjabat sebagai bupati bersama Yusuf Widyatmoko, Anas banyak meluncurkan program-program daerah.

Program daerah tersebut ditujukan untuk menunjang fasilitas masyarakat, seperti Penyelenggaraan pendidikan gratis dan program pendukungnya seperti SAS (siswa asuh sebaya).

Kemudian Anas mengadakan Perencanaan Wisata Banyuwangi yang berkonsep eco-tourism.***