upah.co.id – Tim basket Rans PIK Basketball Club menang dramatis atas Bumi Borneo Basketball Pontianak dengan skor 62-59 saat pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) 2023 seri IV di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Pertandingan antara Rans PIK melawan Bumi Borneo berlangsung ketat sejak kuarter pertama karena kedua tim saling menyerang demi mengumpulkan poin bagi tim masing-masing dan dalam 10 menit pertama laga hasilnya imbang 12-12.

Pada kuarter pertama itu Rans PIK menurunkan Alexander Franklyn, David Liberty Nuban, Althof Dwira Satrio sebagai kapten, Duom Dawam, dan Valentino Wuwungan. Sedangkan, Bumi Borneo menurunkan Randy Bell, Agam Subastian, Calvin Chrisser, Muhammad Rizky Ari, Arion tio.

Selanjutnya di kuarter kedua, Rans PIK yang sudah unggul dalam pengumpulan poin pertama 20-17, terus mendapat tekanan dari Bumi Borneo. Sehingga, poin dapat dikejar lawan dan akhirnya Rans PIK harus mengakui keunggulan Bumi Borneo dengan skor 34-26.

Rans PIK agak kendor dalam melakukan serangan baik melalui tembakan dua poin maupun tiga poin sehingga sering gagal menambah poin saat kuarter ketiga dan Bumi Borneo unggul dengan skor 44-37.

Selanjutnya memasuki kuarter keempat atau terakhir, pelatih Bambang Rans PIK Asdianto Pribadi mengubah strategi untuk menjaga ketat pemain lawan, sehingga sempat menyamakan pengumpulan poin menjadi 50-50, kemudian 53-53.

Pertandingan itu semakin sengit pada kuarter empat, pemain kedua tim saling mengejar perolehan poin dan kedudukan hingga pada satu menit terakhir sama kuat 59-59.

Bahkan di laga yang hanya tinggal beberapa detik saja, Rans PIK sukses melakukan serangan dan tembakan tiga poin yang dilakukan Althof Dwira Satrio sehingga menambah poin menjadi 62-59 dan keunggulan untuk Rans PIK.

Sejumlah pemain Rans PIK terlihat langsung berhamburan masuk lapangan menyambut pemainnya yang tembakannya mampu memperoleh tiga poin sekaligus memenangkan pertandingan atas Bumi Borneo Basketball Pontianak itu.

Seusai pertandingan, Althof Dwira Satrio menyatakan sangat bangga dengan hasil tiga poin terakhirnya yang mampu memenangkan timnya atas Bumi Borneo.

“Saya bangga akhirnya mampu memenangkan pertandingan melawan Bumi Borneo. Tembakan tiga poin sangat berarti bagi tim untuk bisa memenangkan pertandingan ini,” kata Satrio

Sementara itu, pada pertandingan sebelumnya antara Bima Perkasa Yogyakarta melawan Mountain Gold Timika, dimenangkan oleh Bima Perkasa dengan skor 75-68 (14-14, 30-33, 51,49, dan 75-68).