upah.co.id – Hujan lebat melanda DKI Jakarta dan kota di sekitarnya. Tentu untuk beberapa wilayah ada yang khas dengan daerah rawan banjir .

Bagi pemilik mobil di area tersebut, ada beberapa tips agar kerusakan yang dialami karena banjir bisa diminimalisasi. Salah satunya dengan tidak mengaktifkan rem tangan saat mobil parkir.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, kalau memang daerah tempat tinggal rawan tergenang air saat hujan lebat, rem parkir tidak usah diaktifkan.

“Kalau menggunakan electronic parking brake , sebaiknya di-off dan diganjal rodanya supaya tidak berjalan,” ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (11/9/2022).

Hal ini juga berlaku untuk mobil yang masih memakai rem tangan mekanik. Fungsi dari tidak menarik rem tangan adalah mencegah mobil tidak bisa digerakkan.

“Kalau mobil terendam lama khawatir macet (rem) dan mobil tidak bisa dipindahkan,” ucap Didi.


Ketika roda lama terendam dengan air dan posisi kampas rem menempel ke cakram, berisiko karat dan tersangkut. Oleh karena itu, lebih baik rem tangan tidak diaktifkan dan ganjal roda agar tidak bergerak.

Selain tidak mengaktifkan rem tangan, pemilik juga bisa melepas terminal aki. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan komponen elektronika lainnya.