upah.co.id – TNI AL menggelar kegiatan Bhakti Kesehatan secara serentak di Indonesia, salah satunya di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Bhakti Kesehatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI AL yang jatuh pada 10 September 2022 mendatang.

Salah satu kegiatan Bhakti Kesehatan dilakukan di KRI Semarang 594 yang bersandar di dekat Pulau Untung Jawa dan Pulau Panggang Kepulauan Seribu.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk untuk membantu masyarakat pesisir untuk mengakses layanan kesehatan.

“Harapannya masyarakat pesisir dapat di disasar, sperti sekarang Pulau Untung Jawa dan Panggang yang mungkin mereka jauh ke Jakarta sehingga kita datangi,” katanya di KRI Semarang 594, Selasa 6 September 2022.

Yudo mengatakan target kegiatan Bhakti Kesehatan adalah donor darah menyasar 8.355 orang, khitanan massal 2.175 orang, dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut sejumlah 5.250 orang.

Bhakti Kesehatan yang menyasar masyarakat umum hingga Keluarga Besar Angkatan Laut (KBAL)/ TNI serta personel TNI AL ini juga memecahkan Rekor Muri.

Melalui kegiatan ini, Kasal Yudo berharap masyarakat pesisir bisa kenal secara langsung TNI AL yang selama ini bertugas di laut.

Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini kehadiran TNI AL dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

“Mereka juga kenal dengan TNI AL sehingga ada manfataannya di bidang kesehatan. Kehadiran TNI AL di mana pun harus bermanfaat,” ucapnya.

Untuk diketahui, Bhakti Kesehatan digelar secara serentak di Indonesia, yang dipusatkan di KRI Semarang 594.

Kegiatan ini digelar baik di rumkit, Dinas Kesehatan, Balai Kesehatan maupun KRI yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.***