upah.co.idPIKIRAN RAKYAT — Pandemi Covid-19 yang melumpuhkan dunia sejak 2019 lalu merupakan mimpi buruk bagi hampir semua orang.

Banyak sekali orang yang berada dalam kesulitan selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Akan tetapi faktanya, pandemi Covid-19 ini bukanlah sebuah fenomena baru. Sudah banyak jenis pandemi yang pernah menyerang dunia bahkan sejak ratusan tahun lalu.

Berikut daftar pandemi yang pernah terjadi menyerang penduduk dunia.

1. Pandemi HIV Tahun 1981

Sebagian besar peneliti percaya bahwa virus HIV sudah ada sejak tahun 1920-an, berawal dari virus simpanse yang kemudian menular pada manusia.

Tetapi, kasus pertama HIV dilaporkan muncul pada tahun 1981 di Amerika Serikat.

Penyebaran virus HIV ini terjadi dengan begitu cepat hingga merenggut lebih dari 36 juta nyawa sejak penemuannya pertama kali.

Sampai saat ini pun belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan infeksi virus HIV ini. Yang bisa dilakukan hanyalah pengobatan jangka panjang untuk mengontrol virusnya.

2. Flu Spanyol Tahun 1918

Berbanding terbalik dengan namanya, flu Spanyol diyakini tidak berasal dari Spanyol.

Nama negara Spanyol disematkan karena mereka merupakan negara pertama yang angkat bicara tentang pandemi yang tengah terjadi saat itu.

Diperkirakan lebih dari 500 juta orang terinfeksi dan hampir 25 juta jiwa melayang di enam bulan pertama pandemi berlangsung.

Pandemi Flu Spanyol ini berakhir pada tahun 1920 dengan total kematian mencapai angka 50 juta jiwa.

3. Pandemi Kolera Ke-3 dan 6 Tahun 1852 dan 1910

Dari tujuh pandemi kolera yang tercatat pernah terjadi, pandemi ke-3 merupakan yang terburuk.

Pandemi kolera ke-3 ini berlangsung selama delapan tahun lamanya dan merenggut hingga lebih dari satu juta jiwa.

Sementara pandemi kolera ke-6 lebih mampu diatasi berkat penanganan yang telah dilakukan untuk pandemi sebelumnya sehingga tidak begitu banyak memakan korban jiwa. Bakteri berbahaya ini sudah bisa dijinakkan pada tahun 1920-an.

4. Pandemi Coronavirus Rusia Tahun 1889

Kasus pertama dilaporkan muncul di Turkestan, Kanada bagian barat laut, dan Greenland pada Mei 1889.

Penyebaran virus ini terjadi dengan sangat cepat karena populasi yang terus bertambah dan transportasi yang terus berkembang, sehingga virus mudah berpindah ke lain tempat.

Hanya dalam jangka waktu lima minggu saja sejak penemuan pertamanya, pandemi ini berhasil merenggut nyawa lebih dari satu juta orang.

Tentunya masih banyak lagi pandemi yang pernah melanda dunia, termasuk Covid-19 yang belum benar-benar ‘dijinakkan’ saat ini.

Salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya pandemi seperti ini adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan, serta melakukan vaksinasi.(Annisa Roffina Nurprili)***