Spesifikasi Mobil Pindad yang Dipakai Prabowo Sopiri Presiden Jokowi

upah.co.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyopiri mobil Presiden RI Joko Widodo di sela-sela Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2023, Rabu (18/1/2023) pagi.

Menariknya mobil yang dinaiki Presiden Jokowi dan disopiri oleh Menhan Prabowo tersebut merupakan mobil produksi dari PT Pindad (Persero) yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional TNI.

“(Namanya) Maung,” ujar Jokowi saat ditanya wartawan mengenai nama ketiga mobil tersebut.

Untuk diketahui mobil yang dipakai tersebut merupakan mobil taktis yang sebelumnya pernah hadir di ajang Indo Defence Expo & Forum di JI Expo 2022, dan memiliki nama Pindad Morino MV Cruiser .

Morino sendiri merupakan singkatan dari “Mobil Rekacipta Indonesia.” Rencananya, nama Morino dibuat untuk lini produk Pindad yang bentuknya lebih modern, tidak kaku seperti Maung.

Azka Rizqi, Divisi Inovasi Departemen Pengembangan Kendaraan Khusus PT Pindad mengatakan, Morino MV Cruiser merupakan pengembangan dari kendaraan taktis maung.

“Morino ini rebranding kendaraan taktis Maung jadi lebih civilian, karena minatnya lumayan banyak. Maung kan versi militer, kita bikin versi yang lebih kalem, namanya MV (Morino Vehicle),” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

“Morino ini bentuknya lebih rounded, tidak kaku (boxy), jadi lebih streamline,” ucap Azka.

Secara tampilan, MV Cruiser punya desain eksterior yang berubah total dari Maung. Bagian gril depannya tampak terinspirasi dari Toyota FJ Cruiser dan Ford Bronco.

Kemudian di bagian samping, untuk unit yang dibawa di Indo Defence Expo & Forum, menggunakan pintu model setengah (urban tactical). Selain itu, tidak memakai atap dan ada juga versi soft top-nya.

Tampilan belakangnya cukup manis dengan lampu kombinasi yang digunakan seperti yang dipasang pada Jeep Rubicon terbaru. Selain itu, ada ban serep yang besar dipasang di pintu bagasi.

Masuk ke kabin bagian interior, tampak dasbor yang serupa dengan Isuzu Mu-X, bahkan sampai ke konsol tengah. Memang, Pindad mengubah sedikit di bagian setir sehingga tidak ada lagi logo Isuzu.

Sedangkan di bagian belakang, cuma diisi dua bangku, sehingga kapasitasnya cuma untuk empat orang. Salah satu kendaraan di bagian tengah dibuat tempat untuk menaruh senjata, jadi ada platform untuk berdiri.

Untuk diketahui Pindad Morino model ini merupakan prototipe desain final, jadi belum versi produksinya.

Spesifikasi Morino MV Cruiser:

  • Konfigurasi: 4×4
  • Berat kosong: 2.510 Kg
  • Tenaga: 136 tk
  • Panjang: 4.835 mm
  • Lebar: 2.000 mm
  • Tinggi: 1.890 mm
  • Kecepatan Puncak: 120 Kpj
  • Suspensi: Independent coil spring (depan)
  • Rigid coil spring (belakang)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!