upah.co.id – Saat ini, motor paling kencang di kelas MotoGP adalah Ducati. Tercatat kecepatan maksimumnya bisa tembus hingga 363,6 kilometer per jam.

Catatan tersebut diraih oleh Jorge Martin saat balapan pada MotoGP Mugello 2022. Meski demikian, Ducati mengaku belum puas dan ingin motornya bisa lebih kencang lagi.

Untuk diketahui, biasanya rekor top speed diraih saat sesi kualifikasi , di mana para pebalap benar-benar mencatatkan waktu tercepat dalam satu putaran.

Tapi, rekor top speed di Mugello berhasil dicatatkan saat Martin melewati lap kedua. Tentunya, dibantu juga dengan slipstream dari lawan yang ada di depannya dan trek lurus di sirkuit tersebut juga sangat panjang.

General Manager Ducati Corse Gigi Dall’Igna , mengatakan, untuk musim ini, motor, ban, dan trek yang digunakan untuk balapan membutuhkan tambahan tenaga.

“Dengan tenaga yang lebih, Anda akan lebih kencang. Lalu, di atas itu semua, ada faktor yang sangat penting, dalam balapan akan jauh lebih mudah untuk menyalip di trek lurus dibandingkan saat di tikungan,” ujar Gigi, dikutip dari , Selasa (17/1/2023).

“Artinya, akan lebih mudah bagi pebalap dengan mesin yang sangat bertenaga untuk bisa memenangkan balapan,” kata Gigi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.