Upah.Co.idSyarat masuk UNAND (Universitas Andalas) harus diketahui oleh seluruh siswa SMA / SMK utamanya yang akan daftarkan diri di kampus tersebut. Indonesia mempunyai banyak kampus negeri yang bisa menjadi tujuan guna melanjutkan pendidikan perkuliahan untuk tiap-tiap pelajar SMA atau SMK misalnya UNAND (Universitas Andalas).

Saat ini ada berbagai macam seleksi yang bisa diambil oleh calon mahasiswa agar bisa lolos seleksi masuk UNAND (Universitas Andalas) dengan dana perkuliahan terjangkau. Apakah syarat masuk UNAND (Universitas Andalas) sama dengan universitas swasta?

Syarat-syarat yang dibutuhkan kurang lebih memang sama. Akan tetapi ada bermacam syarat masuk UNAND (Universitas Andalas) yang tak ada pada kampus swasta. Agar dapat diterima serta memenuhi syarat masuk UNAND (Universitas Andalas), kamu harus mempersiapkan beberapa syarat tersebut dengan baik.

Profil UNAND (Universitas Andalas)

Universitas Andalas (biasa disingkat dengan Unand) adalah perguruan tinggi negeri Indonesia yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia. Universitas ini merupakan salah satu universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Pada saat itu, Unand adalah universitas keempat yang diresmikan oleh Pemerintah Indonesia. Universitas Andalas terdiri dari lima belas fakultas dengan kampus utama di Limau Manis, Padang; terdapat pula kampus-kampus lain di Padang, Payakumbuh, dan Dharmasraya.

Berdasarkan Evaluasi dan Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian yang diluncurkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional pada November 2019, Universitas Andalas menempati peringkat keempat dari peguruan tinggi se-Indonesia. Sejak 2016, kampus ini telah termasuk dalam perguruan tinggi negeri klaster 1 dari Kemenristekdikti. Pada tahun 2021, Unand resmi ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) ke-13 di Indonesia melalui Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2021.

Syarat Masuk UNAND (Universitas Andalas)

Bagi kamu yang berkeinginan untuk meneruskan pendidikan perkuliahan di UNAND (Universitas Andalas), ada banyak syarat masuk UNAND (Universitas Andalas) yang wajib terpenuhi. Lengkapnya sebagai berikut.

Lulus dan miliki ijazah sesuai level pendidikan

Syarat masuk UNAND (Universitas Andalas) yang pertama adalah dikatakan lulus dari Sekolah Menengah Atas/sederajat (untuk program S1). Kamu wajib dinyatakan lulus lebih dahulu dan miliki ijazah apabila mau mendaftarkan diri di UNAND (Universitas Andalas).

Kamu tak usah cemas, bagi yang putus sekolah bisa menempuh pendidikan penyetaraan atau kerap disebut kejar paket. Dengan begitu, kemungkinan akan semakin mudah bagi setiap calon mahasiswa yang ingin daftarkan diri di UNAND (Universitas Andalas).

Bisa lolos tes masuk di UNAND (Universitas Andalas)

Saat ini lakukan proses pendaftaran perkuliahan yang menjadi syarat masuk UNAND (Universitas Andalas) memanglah tidak simpel. Ada berbagai macam jalur masuk di UNAND (Universitas Andalas), contohnya SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri.

Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN adalah proses seleksi yang diadakan oleh pemerintah. Kebanyakan proses penyeleksian itu akan dilakukan di awal pendaftaran terbuka. Maka, kamu harus segera mencari infonya apabila berkeinginan masuk di UNAND (Universitas Andalas) dari jalur masuk itu.  Kamu dapat akses informasinya pada website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau umum disebut LTMPT.

Sementara itu jalur mandir biasanya ada di bagian paling akhir. Penyeleksian jalur mandiri tersebut diadakan oleh pihak UNAND (Universitas Andalas) secara independen. Jatahnya jauh makin sedikit dan tesnya juga menyesuaikan dengan kebijaksanaan UNAND (Universitas Andalas).

Penuhi batas usia

Calon Mahasiswa harus memenuhi batasan umur yang sudah ditetapkan oleh UNAND (Universitas Andalas). Umur jadi satu diantara hal yang perlu diperhatikan di saat mendaftarkan diri di UNAND (Universitas Andalas). Hal ini pula sebagai syarat masuk UNAND (Universitas Andalas).

Syarat masuk UNAND (Universitas Andalas) lewat jalur SBMPTN membatasi tiga tahun seusai lulus SMA. Jadi, bila Kamu sudah lulus lebih dari pada tiga tahun tidak bisa mengikuti seleksi SBMPTN.

Sedangkan syarat masuk UNAND (Universitas Andalas) jalur mandiri sebenarnya memiliki periode waktu panjang, ialah kurang lebih lima tahun semenjak lulus SMA/SMK. Berbeda dengan universitas swasta yang tidak memiliki batas umur, tetapi apabila ingin masuk di UNAND (Universitas Andalas) Kamu mesti memerhatikan ini.

Berkas Registrasi Lengkap dan Biaya Masuk Lunas

Tiap calon mahasiswa harus memenuhi beberapa macam berkas registrasi sesuai dengan syarat masuk UNAND (Universitas Andalas). Umumnya berkas yang dibutuhkan, misalnya ijazah terakhir, legalisir ijazah, KTP, KK, akte kelahiran, dan sejumlah dokumen penting yang lain.

Kamu harus membayar uang masuk lebih dahulu. Umumnya biaya yang dibutuhkan untuk masuk kuliah, seperti biaya pendaftaran, UKT untuk satu semester, uang SKS semester 1, biaya pangkal, serta sejumlah biaya yang lainnya sesuai aturan UNAND (Universitas Andalas).

Kesimpulan

Nach itu dia beberapa gambaran singkat syarat masuk UNAND (Universitas Andalas). Agar dapat menjadi satu diantara mahasiswa di UNAND (Universitas Andalas), kamu harus ikuti proses penyeleksian yang sesuai ketentuan serta syarat masuk UNAND (Universitas Andalas). Apabila ingin untuk mengikuti penyeleksian SNMPTN atau SBMPTN maka segera daftarkan diri lebih awal. Ujian masuk ini termasuk syarat umum masuk UNAND (Universitas Andalas) serta tak gampang, jadi persiapan dan kesiapan wajib sungguh-sungguh serius.