Berikut Syarat Masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) Tahun Ini

Upah.Co.idSyarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) perlu diketahui oleh seluruhnya pelajar SMA / SMK utamanya yang bakal daftarkan diri di universitas tersebut. Indonesia punya banyak kampus negeri yang dapat jadi tujuan guna meneruskan pendidikan kuliah bagi tiap pelajar SMA ataupun SMK misalnya UNIMAL (Universitas Malikussaleh).

Sekarang ini ada bermacam-macam seleksi yang bisa diambil oleh siswa supaya dapat lolos seleksi masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) dengan biaya perkuliahan murah. Apa syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) sama dengan perguruan tinggi swasta?

Syarat-syarat yang dibutuhkan lebih kurang sama. Akan tetapi ada beberapa syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) yang tidak ada pada kampus swasta. Agar dapat diterima serta memenuhi syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh), kamu mesti menyediakan sejumlah syarat-syarat tersebut dengan sebaik-baiknya.

Profil UNIMAL (Universitas Malikussaleh)

Universitas Malikussaleh didirikan dengan mengambil nama besar Raja Kerajaan Samudera Pasai pertama, yang dilandasi pada semangat estafet kepemimpinan dan pembangunan yang telah diletakkannya melalui sifat kepeloporan, kedinamisan, serta patriotismenya Sultan Malikussaleh. Kerajaan Islam Samudera Pasai dalam sejarah tercatat sebagai Kerajaan Islam pertama di Nusantara yang menjadi cikal bakal pusat pengembangan dan penyebaran agama Islam di kawasan Nusantara dan Asia Tenggara, merupakan pusat Pendidikan Islam dan Ilmu Pengetahuan ternama yang mewariskan semangat pejuang bagi generasi penerusnya dalam mengembangkan agama Islam, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang telah menghasilkan Syech (Guru Besar) dan ilmuan lainnya. Sehingga kecemerlangan pemikiran mereka pada saat itu telah memberi dampak besar pada Era Kemakmuran dan Kejayaan (Welfare State) “Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur” suatu Negeri Indah, Adil, dan Makmur yang Diridhai Allah SWT.

Sultan Malikussaleh bukan saja telah mampu meletakkan dasar yang kokoh pada masanya, bahkan fundament yang pernah ia tegakkan telah mewarnai watak dan spirit bangsa ini hingga sekarang. Meskipun di daerah Aceh Kerajaan Samudera Pasai telah lenyap dan Sultan Malikussaleh juga telah wafat, namun semangat kepeloporan, kedinamisan, serta patriotismenya masih tetap terukir di sanubari dan menjadi pendorong perjuangan bangsa ini. Latar belakang sejarah yang dijiwai oleh semangat itulah yang menjadi tumpuan harapan bagi generasi penerus yang dihasilkan oleh Universitas Malikussaleh. Didukung oleh sumber daya alam yang maha kaya, Universitas Malikussaleh diharapkan mampu memberdayakan sumber daya manusia daerah Aceh Utara khususnya dan Aceh pada umumnya.

Sebagai cikal bakal Universitas Malikussaleh bermula dari menjelmanya Akademi Ilmu Agama jurusan Syariah yang didirikan dengan Surat Keputusan Bupati/Kepala Daerah Tingkat II Aceh Utara Nomor: 01/TH/1969 tanggal 12 Juni 1969, pada masa Bupati Drs. Tgk. Abdul Wahab Dahlawy. Selanjutnya tanggal 15 September 1970 dengan Surat Keputusan Bupati KDH Tingkat II Aceh Utara Nomor: 01/TH/1970 Akademi Ilmu Agama (AIA) dilengkapi pula dengan jurusan Ilmu Politik. Dengan Akta Notaris Nomor: 15 tanggal 17 Juli 1971 dibentuk pula Yayasan Perguruan Tinggi Islam (YPTI) sebagai badan yang bertanggung jawab terhadap pengembangan Akademi Ilmu Agama. Kemudian dengan Surat Keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Islam Nomor: 001/YPTI/1971 tanggal 1 Agustus 1971, Akademi Ilmu Agama diubah namanya menjadi Perguruan Tinggi Islam dengan jurusan Akademi Syariah, jurusan Akademi Ilmu Politik, jurusan Akademi Tarbiyah, serta jurusan Dayah Tinggi/Pesantren Luhur. Perguruan Tinggi Islam ini mengalami perubahan nama lagi menjadi Perguruan Tinggi Islam Malikussaleh (disingkat dengan sebutan PERTIM), melalui Surat Keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Islam tanggal 24 Mei 1972. Tahun 1980 menjadi Yayasan Universitas Malikussaleh dengan singkatan UNIMA.

Dalam sejarahnya yang panjang dan melalui proses yang rumit pula, akhirnya tanggal 18 Juli 1984 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0607/0/1984 Sekolah Tinggi Administrasi Negara memperoleh Status Terdaftar. Sedangkan Sekolah Teknik mendapat giliran status terdaftar pada tanggal 24 Agustus 1984, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0392/0/1984. Selanjutnya pada tahun 1986 didirikan pula Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0584/0/1989 tanggal 11 September 1989 kembali Universitas Malikussaleh berintegrasi dalam Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Hanya saja Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tidak memiliki status terdaftar, tahun 1990 FKIP ditutup.

Universitas Malikussaleh hingga tahun 2001, didukung oleh 5 fakultas yaitu Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, serta Program Kesekretariatan. Kecuali Program Kesekretariatan yang D III, 11 program studi lainnya merupakan Strata 1 yaitu Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Manajemen Perusahaan, Ilmu Hukum, serta Agronomi.

Syarat Masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh)

Untuk kamu yang berkeinginan untuk meneruskan pendidikan tinggi perkuliahan di UNIMAL (Universitas Malikussaleh), ada banyak syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) yang wajib dipenuhi. Selengkapnya sebagai berikut.

Lulus dan miliki ijazah sesuai level pendidikan

Syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) yang pertama adalah dinyatakan lulus dari Sekolah Menengah Atas/sederajat (untuk program S1). Kamu harus dikatakan lulus lebih dahulu serta mempunyai ijazah bila ingin daftarkan diri di UNIMAL (Universitas Malikussaleh).

Kamu tak perlu risau, bagi yang pernah putus sekolah dapat mengikuti pendidikan penyetaraan atau biasa disebut kejar paket. Dengan begitu, kemungkinan akan semakin memudahkan bagi tiap calon mahasiswa yang akan mendaftarkan diri di UNIMAL (Universitas Malikussaleh).

Lolos tes masuk di UNIMAL (Universitas Malikussaleh)

Sekarang ini lakukan proses registrasi perkuliahan sebagai syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) memanglah tidak gampang. Ada beberapa macam jalur masuk di UNIMAL (Universitas Malikussaleh), seperti SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri.

Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN adalah seleksi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Umumnya proses seleksi tersebut akan dilakukan di awal-awal registrasi terbuka. Maka, kamu wajib segera mencari informasinya seandainya ingin masuk di UNIMAL (Universitas Malikussaleh) dari jalur masuk tersebut  Kamu dapat mengakses infonya situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau umum disingkat LTMPT.

Sementara itu jalur mandir kebanyakan ada dibagian paling akhir. seleksi jalur mandiri ini dilaksanakan oleh pihak UNIMAL (Universitas Malikussaleh) secara independent. Jatahnya jauh semakin kecil dan tesnya pula disesuaikan dengan kebijakan UNIMAL (Universitas Malikussaleh).

Penuhi batas usia

Calon Mahasiswa harus memenuhi batasan umur yang sudah ditetapkan oleh UNIMAL (Universitas Malikussaleh). Umur jadi salah satu hal yang harus jadi perhatian sewaktu daftarkan diri di UNIMAL (Universitas Malikussaleh). Hal ini pula sebagai syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh).

Syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) lewat jalur SBMPTN membatasi tiga tahun seusai lulus SMA. Dengan demikian, jika Kamu telah lulus lebih dari 3 tahun tak dapat mengikuti tes SBMPTN.

Sedangkan syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) jalur mandiri sebenarnya miliki jangka waktu panjang, adalah kira-kira lima tahun setelah lulus SMA/SMK. Berlainan dengan kampus swasta yang tidak punya batas usia, tapi jika ingin masuk di UNIMAL (Universitas Malikussaleh) Kamu harus memerhatikan ini.

Dokumen Registrasi Lengkap dan Biaya Masuk Lunas

Tiap-tiap calon mahasiswa harus penuhi beberapa macam dokumen registrasi yang sesuai dengan syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh). Pada umumnya berkas yang dibutuhkan, seperti ijazah akhir, legalisir ijazah, KTP, KK, akte kelahiran, dan sejumlah dokumen penting lainnya.

Kamu juga harus membayar biaya masuk lebih dulu. Pada umumnya biaya yang dibutuhkan untuk masuk kuliah, seperti uang registrasi, UKT untuk 1 semester, biaya SKS semester 1, biaya pangkal, dan sejumlah biaya yang lainya sesuai dengan aturan UNIMAL (Universitas Malikussaleh).

Kesimpulan

Nah itu dia sejumlah uraian singkat syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh). Agar bisa menjadi satu diantara mahasiswa di UNIMAL (Universitas Malikussaleh), kamu wajib mengikuti proses penyeleksian yang sesuai ketentuan serta syarat masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh). Jika berkeinginan untuk ikuti tes SNMPTN atau SBMPTN maka segeralah mendaftarkan diri sedari awal. Test masuk ini termasuk syarat umum masuk UNIMAL (Universitas Malikussaleh) serta tidak mudah, jadi persiapan dan kesiapan wajib benar-benar matang.

error: Content is protected !!