Berikut Adalah Syarat Masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) Terbaru Tahun Ini

syarat-masuk-unimed

Upah.Co.idSyarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) perlu disadari oleh seluruh murid SMA / SMK khususnya yang hendak daftarkan diri di universitas itu. Indonesia memiliki beberapa kampus negeri yang bisa jadi tujuan guna menyambung pendidikan kuliah bagi tiap murid SMA atau SMK contohnya UNIMED (Universitas Negeri Medan).

Sekarang ada bermacam-macam seleksi yang dapat diambil oleh siswa supaya dapat lolos seleksi masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) dengan biaya pendidikan murah. Apakah syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) sama dengan kampus swasta?

Syarat-syarat yang diperlukan kurang lebih sama saja. Akan tetapi ada beberapa syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) yang tak ada pada universitas swasta. Supaya bisa diterima serta penuhi syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan), kamu wajib mempersiapkan sejumlah syarat-syarat itu dengan sebaik-baiknya.

Profil UNIMED (Universitas Negeri Medan)

Universitas Negeri Medan berdiri pada 23 Juni 1963 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan.

Pada tahun 1956 beberapa tokoh pendidikan di Sumatra Utara membuka Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Gagasan ini disponsori oleh Prof. Ani Abbas Manopo, SH., yang pada waktu itu menjabat Dekan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Universitas Sumatra Utara (USU), G. Sianipar, Kepala Inspeksi Pendidikan Masyarakat dan R.M. Simanjuntak, Direktur SMA Negeri 1 Medan. Perubahan IKIP Medan menjadi Universitas dimaksudkan sebagai upaya peningkatan mutu penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Perubahan ini pada gilirannya ditempatkan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu lulusan yang dipandang relevan untuk menjawab kebutuhan pembangunan di berbagai bidang.

Perubahan kelembagaan menjadi Universitas Negeri Medan yang peresmiannya dilaksanakan pada bulan Februari 2000 dengan SK Presiden No. 124 Tahun 1999, tanggal 7 Oktober 1999 memberikan perluasan mandat (widen mandate) lembaga dari yang sebelumnya hanya mengelola bidang-bidang jurusan/program studi kependidikan (Dik) yaitu Sarjana Pendidikan (S.Pd), setelah menjadi universitas juga menamatkan sarjana non-kependidikan seperti Sarjana Sains (S.Si), Sarjana Ekonomi (S.E), Sarjana Sastra (S.S) dan sebagainya sesuai dengan jurusan/program studi non kependidikan yang diikuti.

Mulai tahun ajaran 2000/2001, penyelenggaraan pendidikan di UNIMED dalam program kependidikan dan non-kependidikan dilaksanakan dengan mengacu pada format kurikulum bersama untuk bobot enam semester yang dinamai “Kurikulum Bersama Enam Semester Program Nonkependidikan dan Kependidikan” yang telah dimulai pada T.A. 2000/2001. Dengan format seperti ini diharapkan akan terjadi peningkatan mutu lulusan pada kedua jurusan/program studi terutama pada peserta program kependidikan (Sarjana Pendidikan/S.Pd) karena mempunyai kemampuan bidang ilmu yang sama dengan peserta program non-kependidikan. Mahasiswa Unimed tidak hanya berasal dari Indonesia, namun juga dari negara tetangga khususnya Malaysia.

Syarat Masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan)

Buat kamu yang berminat untuk meneruskan pendidikan tinggi perkuliahan di UNIMED (Universitas Negeri Medan), ada sejumlah syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) yang perlu dipenuhi. Selengkapnya sebagai berikut.

Lulus dan memiliki ijazah sesuai dengan jenjang pendidikan

Syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) yang paling awal ialah dikatakan lulus dari Sekolah Menengah Atas/sederajat (untuk program S1). Kamu harus dikatakan lulus lebih dulu dan miliki ijazah apabila ingin daftarkan diri di UNIMED (Universitas Negeri Medan).

Kamu tidak perlu risau, bagi yang mengalami putus sekolah bisa mengikuti pendidikan penyetaraan atau sering dibilang kejar paket. Dengan demikian, mungkin akan makin memudahkan untuk tiap calon mahasiswa yang mau daftarkan diri di UNIMED (Universitas Negeri Medan).

Bisa lolos tes masuk di UNIMED (Universitas Negeri Medan)

Sekarang ini lakukan proses pendaftaran perkuliahan yang menjadi syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) memang tidaklah mudah. Ada berbagai jenis jalur masuk di UNIMED (Universitas Negeri Medan), misalnya SNMPTN, SBMPTN, dan juga jalur mandiri.

Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN yakni proses seleksi yang digelar oleh pemerintah. Umumnya proses seleksi tersebut akan dilakukan di awal registrasi terbuka. Sehingga, kamu wajib segera mencari infonya bila berkeinginan masuk di UNIMED (Universitas Negeri Medan) dari jalur masuk itu.  Kamu bisa mengakses infonya pada website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau biasanya disingkat LTMPT.

Sementara itu jalur mandir kebanyakan ada di bagian terakhir. Penyeleksian jalur mandiri tersebut diadakan oleh pihak UNIMED (Universitas Negeri Medan) secara independen. Jatahnya semakin lebih kecil dan tesnya juga menyesuaikan dengan ketetapan UNIMED (Universitas Negeri Medan).

Memenuhi batasan umur

Calon Mahasiswa harus memenuhi batasan umur yang sudah ditetapkan oleh pihak UNIMED (Universitas Negeri Medan). Usia jadi salah satu hal yang harus diperhatikan di saat daftarkan diri di UNIMED (Universitas Negeri Medan). Hal ini merupakan syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan).

Syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) melalui jalur SBMPTN memaksimalkan 3 tahun sesudah lulus SMA. Sehingga, apabila Kamu sudah lulus lebih dari pada tiga tahun tak akan bisa mengikuti seleksi SBMPTN.

Untuk syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) jalur mandiri sesungguhnya mempunyai periode waktu panjang, adalah sekitar lima tahun semenjak lulus SMA/SMK. Berbeda dengan kampus swasta yang tak punya batasan usia, tapi apabila ingin masuk di UNIMED (Universitas Negeri Medan) Kamu wajib memerhatikan hal ini.

Berkas Registrasi Lengkap serta Biaya Masuk Lunas

Setiap calon mahasiswa harus memenuhi berbagai jenis berkas pendaftaran sesuai dengan syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan). Pada umumnya dokumen yang diperlukan, misalnya ijazah akhir, legalisir ijazah, KTP, KK, akte kelahiran, dan beberapa berkas penting yang lain.

Kamu juga harus membayar biaya masuk terlebih dulu. Umumnya biaya yang diperlukan guna masuk kuliah, seperti uang registrasi, UKT untuk 1 semester, uang SKS semester 1, uang pangkal, dan beberapa biaya yang lainya sesuai ketentuan UNIMED (Universitas Negeri Medan).

Kesimpulan

Nah tersebut beberapa deskripsi umum syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan). Supaya dapat jadi satu diantara mahasiswa di UNIMED (Universitas Negeri Medan), kamu harus ikuti proses penyeleksian yang sesuai dengan ketetapan serta syarat masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan). Jika ingin untuk ikuti penyeleksian SNMPTN dan SBMPTN maka segeralah daftarkan diri sedari awal. Ujian masuk ini juga termasuk syarat wajib masuk UNIMED (Universitas Negeri Medan) serta tidak gampang, jadi persiapan dan kesiapan harus benar-benar maksimal.