Berikut Ini Syarat Masuk UNSAM (Universitas Samudra) Terbaru Tahun Ini

syarat-masuk-unsam

Upah.Co.idSyarat masuk UNSAM (Universitas Samudra) perlu diketahui oleh seluruhnya murid SMA / SMK khususnya yang hendak mendaftarkan diri di universitas tersebut. Indonesia miliki banyak kampus negeri yang dapat menjadi tujuan guna melanjutkan pendidikan kuliah bagi tiap siswa SMA ataupun SMK contohnya UNSAM (Universitas Samudra).

Sekarang ada bermacam-macam seleksi jalur masuk yang bisa diambil oleh calon mahasiswa agar berhasil lolos seleksi masuk UNSAM (Universitas Samudra) dengan biaya pendidikan murah. Apa syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra) sama dengan perguruan tinggi swasta?

Persyaratan yang diperlukan lebih kurang sama. Tapi ada beberapa syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra) yang tidak ada kampus swasta. Supaya bisa diterima dan penuhi syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra), kamu wajib menyediakan sejumlah syarat-syarat tersebut dengan lengkap.

Profil UNSAM (Universitas Samudra)

Peguruan tinggi ini telah mulai dirintis pendiriannya sejak tahun 1963, ketika itu Al-Jamiatul Wasliyah cabang Aceh Timur berinisiatif mendirikan sebuah lembaga perguruan tinggi yaitu Fakultas Ekonomi yang berafiliasi pada Universitas Al Washliyah Medan. Selanjutnya pada tahun 1971 beberapa tokoh masyarakat dan pemerintah daerah Aceh Timur bekerja sama untuk membuka perguruan tinggi dengan mendirikan Yayasan Perguruan Tinggi bernama Yayasan Pendidikan Samudra.

Sebagai tindak lanjut yayasan kemudian bekerja sama dengan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang diawali dengan mengadakan konsultasi dengan rektornya yang pada saat itu dijabat oleh Prof. Drs. A. Majid Ibrahim. Kemudian dalam rangka pengembangan berikutnya yayasan juga bekerja sama dengan Universitas Islam Sumatera Utara ( UISU) di Medan, yang membuahkan hasil di mana mahasiswa dapat menyelesaikan kuliahnya dan menjadi sarjana perdana Fakultas Ekonomi sebanyak 66 orang.

Pada tahun 1976 dibuka dua sekolah tinggi lagi yaitu Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (STHPM), dan Sekolah Tinggi Ekonomi (STE). Melalui proses yang panjang, pada tahun 1981 kedua perguruan tinggi tersebut kemudian memperoleh status terdaftar yang direalisasi melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 01998 dan 0199 tahun 1981.

Melalui proses perkembangan berikutnya kedua sekolah tersebut melebur menjadi Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan ditambah dua fakultas lain yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Rencana tersebut selanjutnya direalisasikan pada tahun 1985 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0477/0/1985 tanggal 22 Oktober 1985.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2013, Universitas Samudra ditetapkan menjadi perguruan tinggi negeri.

Sejak saat itu Universitas Samudra Langsa menjalankan aktivitasnya menjalankan semua unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat yang secara operasionainya dilaksanakan oleh empat Fakultas dengan 7 program studi. Pada tahun 1990/1992 menambah satu fakultas lagi yaitu fakultas teknik dengan membuka 3 program studi dan menambah satu program studi pada FKIP yaitu Program Studi bahasa Inggris.Dalam perjalanan sejarahnya setelah 40 tahun berkiprah, akhirnya pada bulan Mei 2013 berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2013 tentang Pendirian Universitas Samudra.

Proses menuju Perguruan Tinggi Negeri ditempuh melalui jalan berliku, dimulai dari tahun 2004. Setelah proposal diajukan pada tahun 2005 Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo menolak pengerian unsam dengan alasan yang sangat klasik, tidak ada anggaran. Pada tahun 2008 manajemen Universitas Samudra langsa bersama Yayasan Pendidikan Samudra bertandang ke Dikti untuk beraudiensi dengan Dirjen Dikti saat itu Bapak Fasli Jalal. Sejak itu proses penegerian Unsam mulai bergeliat kembali.

Setelah mengetahui banyak hal mengenai persyaratan penegerian sebuah perguruan tinggi dalam audensi tersebut, maka mulailah mempersiapkan semua persyaratan yang diminta oleh Dikti. Akhirnya semua impian dan harapan masyarakat Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang untuk memiliki sebuah PTN terwujud padsa tanggal 13 Mei 2013 dengan ditandatanganimya Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2013 Oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono menjadilah PTN dengan nama Universitas Samudra. PTN Baru yang bernama UNSAM ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 4 Juni 2013.

Syarat Masuk UNSAM (Universitas Samudra)

Bagi kamu yang tertarik untuk meneruskan pendidikan tinggi perkuliahan di UNSAM (Universitas Samudra), ada sejumlah syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra) yang wajib disiapkan. Secara detail sebagai berikut.

Lulus dan memiliki ijazah sesuai dengan jenjang pendidikan

Syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra) yang paling awal yaitu dipastikan lulus dari Sekolah Menengah Atas/sederajat (untuk program S1). Kamu harus dikatakan lulus terlebih dahulu dan punya ijazah jika ingin daftarkan diri di UNSAM (Universitas Samudra).

Kamu tak perlu risau, bagi yang putus sekolah bisa menempuh pendidikan penyetaraan atau sering dikatakan kejar paket. Dengan demikian, mungkin akan makin mudah untuk setiap calon mahasiswa yang ingin daftarkan diri di UNSAM (Universitas Samudra).

Berhasil lolos tes masuk di UNSAM (Universitas Samudra)

Sekarang melaksanakan proses registrasi perkuliahan yang jadi syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra) memang tidak gampang. Ada berbagai macam jalur masuk di UNSAM (Universitas Samudra), contohnya SNMPTN, SBMPTN, dan juga jalur mandiri.

Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN yakni seleksi yang diadakan oleh pemerintah. Biasanya proses seleksi itu akan dilakukan di awal pendaftaran terbuka. Jadi, kamu harus segera mencari informasinya apabila ingin masuk di UNSAM (Universitas Samudra) dari jalur itu.  Kamu bisa mengakses infonya di website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau biasanya disebut LTMPT.

Sementara itu jalur mandir umumnya ada dibagian paling akhir. Penyeleksian jalur mandiri ini dilakukan oleh pihak UNSAM (Universitas Samudra) secara independen. Jatahnya jauh makin sedikit dan ujiannya juga disesuaikan dengan aturan UNSAM (Universitas Samudra).

Memenuhi batasan umur

Calon Mahasiswa harus memenuhi batas umur yang sudah ditentukan oleh UNSAM (Universitas Samudra). Usia menjadi satu diantara hal yang perlu jadi perhatian waktu mendaftarkan diri di UNSAM (Universitas Samudra). Perihal ini pula adalah syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra).

Syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra) lewat jalur SBMPTN memaksimalkan 3 tahun sesudah lulus SMA. Jadi, apabila Kamu telah lulus lebih dari 3 tahun tak akan dapat mengikuti test SBMPTN.

Sedangkan syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra) jalur mandiri sebetulnya memiliki jangka waktu panjang, yakni kira-kira lima tahun setelah lulus SMA/SMK. Berbeda dengan universitas swasta yang tidak miliki batas usia, namun bila mau masuk di UNSAM (Universitas Samudra) Kamu harus memerhatikan hal ini.

Berkas Registrasi Lengkap serta Biaya Masuk Lunas

Tiap calon mahasiswa harus penuhi beberapa macam berkas registrasi sesuai dengan syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra). Umumnya dokumen yang diperlukan, misalnya ijazah terakhir, legalisir ijazah, KTP, KK, akte kelahiran, serta beberapa dokumen penting yang lain.

Kamu harus membayar biaya masuk lebih dulu. Kebanyakan biaya yang diperlukan untuk masuk kuliah, seperti biaya registrasi, UKT untuk satu semester, biaya SKS semester 1, biaya pangkal, serta beberapa biaya yang lainya sesuai aturan UNSAM (Universitas Samudra).

Kesimpulan

Nah tersebut beberapa deskripsi umum syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra). Agar bisa menjadi salah satu mahasiswa di UNSAM (Universitas Samudra), kamu wajib ikuti proses penyeleksian yang sesuai ketentuan serta syarat masuk UNSAM (Universitas Samudra). Bila berminat untuk ikuti penyeleksian SNMPTN atau SBMPTN maka segera mendaftarkan diri lebih awal. Ujian masuk ini juga termasuk syarat wajib masuk UNSAM (Universitas Samudra) dan tak mudah, jadi persiapan wajib benar-benar serius.

error: Content is protected !!