Inilah Syarat Masuk UTU (Universitas Teuku Umar) Tahun Ini

syarat-masuk-utu

Upah.Co.idSyarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar) perlu dimengerti oleh semua siswa SMA atau SMK utamanya yang akan mendaftarkan diri di kampus itu. Indonesia mempunyai banyak kampus negeri yang bisa menjadi tujuan untuk meneruskan pendidikan perkuliahan untuk setiap pelajar SMA ataupun SMK contohnya UTU (Universitas Teuku Umar).

Sekarang ada berbagai macam seleksi jalur masuk yang bisa dipilih oleh pelajar agar dapat lolos seleksi masuk UTU (Universitas Teuku Umar) dengan biaya pendidikan murah. Apa syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar) sama dengan universitas swasta?

Persyaratan yang dibutuhkan lebih kurang sama saja. Tetapi ada berbagai macam syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar) yang tidak ada pada kampus swasta. Agar dapat diterima serta memenuhi syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar), kamu mesti mempersiapkan sejumlah persyaratan tersebut dengan baik.

Profil UTU (Universitas Teuku Umar)

Tahun 1983 para ulama dan pemuka masyarakat Aceh Barat bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Aceh Barat merintis berdirinya suatu yayasan pendidikan dengan tujuan utama adalah mendirikan Perguruan tinggi swasta. Sehingga, pada tahun 1984 berdirilah sebuah yayasan dengan nama “Yayasan Pendidikan Teungku Dirundeng Meulaboh”.

Tepatnya tanggal 28 Agustus 1984 Yayasan tersebut resmi terbentuk dengan Badan Hukum Akta Notaris Nomor 45 Tahun 1984 dengan Notaris Hamonongan Silitonga,SH di Banda Aceh. Yayasan ini bercita-cita membangun suatu wadah Pendidikan Tinggi di Aceh Barat, yaitu “Universitas Teuku Oemar Djohan Pahlawan”. Tentu cita-cita itu tidaklah mudah semudah membalikkan telapak tangan, perlu persiapan yang matang untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Langkah awal yang diupayakan adalah mendirikan “ Sekolah Pembangunan Pertanian “ pada tahun 1984 yang diiringi dengan mendirikan “Akademi Pertanian Meulaboh“. Selanjutnya terjadi penataan kembali yayasan dengan Akta Perubahan AKTE Perubahan No.32 Tahun 1986 Tgl. 16 Agustus 1986 Notaris Munir, SH

Pada Tahun 1993 dilakukan perubahan status Akademi Pertanian Meulaboh menjadi Sekolat Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) dengan SK DIRJEND DIKTI NO: 635/DIKTI/KEP/1993 Tanggal. 23 November 1993. Dalam perjalanannya STIP Teungku Dirundeng menjadi cikal bakal lahirnya Universitas Teuku Umar, yang dimulai dengan keluarnya IZIN PRINSIP berdasarkan SK DIRJEN DIKTI NO: 1318/D2/2002 Tanggal 25 Juli 2002. Selanjutnya diikuti dengan IZIN OPERASIONAL berupa Perubahan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Menjadi Universitas Teuku Umar (UTU) berdasarkan SK DIRJEND DIKTI NO: 262/D/O/2006 Tgl. 10 November 2006 dan telah diubah dengan PERMENDIKNAS No:200/D/O/2009 Tanggal 31 Desember 2009. Sesuai dengan UU No.16 Tahun 2001 Jo UU No.28 Tahun 2004 Tentang Yayasan selanjutnya pada tahun 2009 Yayasan Pendidikan Teungku Dirundeng Meulaboh berubah menjadi YAYASAN TEUKU UMAR JOHAN PAHLAWAN (YAPENTUJOPAH) AKTE No. 155 Tahun 2009 Notaris Azhar Ibrahim,SH

Syarat Masuk UTU (Universitas Teuku Umar)

Bagi kamu yang berminat untuk meneruskan pendidikan perkuliahan di UTU (Universitas Teuku Umar), ada sejumlah syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar) yang harus disiapkan. Lengkapnya sebagai berikut.

Lulus serta miliki ijazah sesuai dengan tingkatan pendidikan

Syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar) yang paling awal adalah dinyatakan lulus dari Sekolah Menengah Atas/sederajat (buat program S1). Kamu mesti dikatakan lulus lebih dahulu dan juga miliki ijazah jika ingin mendaftarkan diri di UTU (Universitas Teuku Umar).

Kamu tak perlu cemas, bagi yang mengalami putus sekolah dapat mengikuti pendidikan penyetaraan atau kerap dibilang kejar paket. Dengan demikian, mungkin akan semakin memudahkan untuk setiap calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri di UTU (Universitas Teuku Umar).

Bisa lolos tes masuk di UTU (Universitas Teuku Umar)

Sekarang ini lakukan proses pendaftaran perkuliahan sebagai syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar) memanglah tidak gampang. Ada berbagai jenis jalur masuk di UTU (Universitas Teuku Umar), seperti SNMPTN, SBMPTN, dan juga jalur mandiri.

Khusus jalur masuk SNMPTN serta SBMPTN yakni seleksi yang diadakan oleh pihak pemerintah. Umumnya proses penyeleksian itu akan dilakukan di awal-awal pendaftaran terbuka. Maka, kamu harus segera mencari tahu informasinya seandainya berkeinginan masuk di UTU (Universitas Teuku Umar) dari jalur masuk tersebut  Kamu dapat mengakses infonya pada website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau biasanya disebut LTMPT.

Dan jalur mandir kebanyakan ada di bagian paling akhir. Penyeleksian jalur mandiri tersebut dilaksanakan oleh pihak UTU (Universitas Teuku Umar) secara independent. Kuotanya lebih sedikit dan tesnya pula disesuaikan dengan ketetapan UTU (Universitas Teuku Umar).

Penuhi batasan usia

Calon Mahasiswa juga harus penuhi batasan umur yang sudah ditentukan oleh pihak UTU (Universitas Teuku Umar). Usia menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan waktu mendaftarkan diri di UTU (Universitas Teuku Umar). Perihal ini pula merupakan syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar).

Syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar) lewat jalur SBMPTN membatasi tiga tahun setelah lulus SMA. Dengan demikian, bila Kamu telah lulus lebih dari pada tiga tahun tidak akan bisa ikuti test SBMPTN.

Untuk syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar) jalur mandiri sesungguhnya mempunyai jangka waktu panjang, adalah kira-kira lima tahun setelah lulus SMA/SMK. Berlainan dengan kampus swasta yang tidak miliki batasan umur, namun jika mau masuk di UTU (Universitas Teuku Umar) Kamu wajib perhatikan ini.

Dokumen Registrasi Lengkap dan Biaya Masuk Lunas

Tiap-tiap calon mahasiswa wajib memenuhi beberapa macam dokumen registrasi sesuai dengan syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar). Rata-rata dokumen yang dibutuhkan, misalnya ijazah akhir, legalisir ijazah, KTP, KK, akte kelahiran, dan beberapa dokumen penting yang lain.

Kamu harus bayar biaya masuk lebih dahulu. Umumnya biaya yang dibutuhkan guna masuk kuliah, seperti uang pendaftaran, UKT untuk biaya satu semester, uang SKS semester 1, biaya pangkal, dan sejumlah biaya yang lainnya sesuai dengan aturan UTU (Universitas Teuku Umar).

Kesimpulan

Nach tersebut beberapa paparan singkat syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar). Agar bisa jadi satu diantara mahasiswa di UTU (Universitas Teuku Umar), kamu harus mengikuti proses seleksi yang sesuai ketentuan serta syarat masuk UTU (Universitas Teuku Umar). Bila tertarik untuk mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN maka segera mendaftarkan diri sedari awal. Ujian masuk ini juga termasuk syarat wajib masuk UTU (Universitas Teuku Umar) dan tak gampang, jadi persiapan dan kesiapan harus sungguh-sungguh maksimal.

error: Content is protected !!