Travel  

Taman BMW di Bangka Barat, Bekas Tambang Timah yang Kini Jadi Wisata Unggulan

upah.co.id – Taman wisata keluarga Buana Mega Wisata atau BMW Air Biat di Muntok , Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung , kini hadir sebagai salah satu destinasi unggulan daerah.

Berlokasi di lahan reklamasi bekas penambangan timah, taman BMW dilengkapi berbagai wahana permainan. Ada pula replika tugu dan bangunan dari berbagai daerah.

Replika jembatan Ampera Palembang adalah salah satunya. Jembatan yang dicat warna merah itu tidak hanya sebagai replika, tapi juga bisa dilewati pengunjung.

Selain itu, ada Tugu Nanas khas Toboali Bangka Selatan, Tugu Ketupat khas Tempilang Bangka Barat, Tugu Tudung Saji khas Kota Pangkalpinang, dan Mercusuar Tanjung Kalian, Muntok.

Berbagai bangunan ikonik tersebut dijamin bakal menambah semaraknya koleksi foto selfie pengunjung.

Tambang timah jadi tempat wisata

Taman BMW atau disebut juga taman wisata alam Air Biat mulai dibangun sejak 2017. Pemilik lahan Eddy Arief melakukan upaya reklamasi dan penghijauan setelah penambangan tidak lagi bernilai ekonomis.

“Kita konsepnya agrowisata , lebih alami. Wahana yang ada tidak menggunakan mesin jadi lebih ramah lingkungan. Ada bebek air dan kano yang bisa dikayuh,” kata Eddy pada awak media, Senin (9/1/2023).

Taman BMW menempati lahan seluas 40,8 hektar yang baru sekitar 40 persen dibangun. Namun, pengunjung terbilang antusias. Rata-rata dalam sehari, ada 300-an pengunjung dan menjadi 2 kali lipat saat hari libur.

Rencananya, pengelola bakal menambah fasilitas kolam pemancingan dan camping ground. Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa melakoni aktivitas sesuai hobi masing-masing.

Saat ini biaya masuk berupa tarif parkir Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Sebagian besar pengunjung datang dengan memboyong anggota keluarga mereka. Taman BMW juga dilengkapi sejumlah gazebo dengan koridor yang saling terhubung. Keberadaan kolam ikan hias semakin membuat pengunjung antusias, khususnya anak-anak.

“Taman ini viral di media sosial, sehingga saya ajak keluarga wisata ke sini. Memang ini dulunya bekas tambang, tapi sekarang suasananya sudah berubah. Cocok untuk wisata keluarga,” ujar Rendi, pengunjung dari Pangkalpinang.

Secara geografis Taman BMW berada di daratan Bangka yang terpisah selat dengan Palembang, Sumatera Selatan. Sementara dari Kota Pangkalpinang, berjarak sekitar dua jam perjalanan menggunakan minibus.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaludin mengatakan, taman BMW bagian dari reklamasi yang dilakukan masyarakat.

Pemerintah daerah memberikan dukungan melalui program penghijauan dengan penanaman pohon endemik khas Bangka Belitung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!