upah.co.id – Beberapa waktu yang lalu, salah satu pengguna menemukan cara yang cukup menarik untuk mereka yang sering mengubah gaya UI atau antarmuka dari sistem operasi Windows mereka, siapa sangka cara baru ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan posisi atau tata letak dari Taskbar yang ada di Windows 11.

Mungkin bagi Anda pengguna Windows 11 sudah tidak asing akan fitur ini, di mana posisi Taskbar di Windows 10 bisa dengan mudah dipindahkan sesuai keinginan. Pengguna bisa memindahkan posisi Taskbar ke sisi kiri, sisi kanan dan bagian atas.

Tetapi, fitur ini tidak berlaku di Windows 11. Microsoft telah menetapkan aturan yang membuat posisi Taskbar Windows 11 tetap berada di bagian bawah, sehingga pengguna tidak dapat mengubah tata letaknya. Namun, apa jadinya jika kita menemukan cara untuk mengubah tata letak dari posisi Taskbar di Windows 11 seperti yang ditemukan oleh salah satu pengguna Windows.

Albacore membagikan pengalamannya yang menggunakan sistem operasi Windows 11, yang mana dia dengan mudah bisa mengubah tata letak atau posisi dari Taskbar yang ada di Windows 11. Berikut cuplikan videonya:

Media error: Format(s) not supported or source(s) not found

Bagaimana? Menarik bukan? Tampilannya sekilas memberikan kesan menggunakan Windows 10 namun dengan WinUI yang lebih baru dan sesuai dengan tema dari Windows 11 22H2. Namun agaknya sedikit kurang indah karena ketika kita membuka Start Menu Anda akan melihat tampilannya dimulai dari bawah, bukan atas.

Albacore juga sedikit menambahkan bahwa dia bisa meletakan posisi dari Taskbar XAML di posisi atas namun mungkin UX yang diberikan sedikit kurang indah.

“Turns out you can position the fully XAML taskbar up top, the experience is not all that great though.” Tulisnya.

Tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri, karena di sistem terbari Windows 11 ini Microsoft memang tidak memberikan dukungan personalisasi yang lebih baik dari Windows 10. Karena mungkin saja perusahaan memang telah mantap menerapkan WinUI sebagai antarmuka atau tema khas dari sistem Windows 11 ke depannya.

Jika Microsoft memang memberikan dukungan fitur ini di masa yang akan datang, maka akan jauh lebih menarik. Tetapi agaknya harus mempertimbangkan beberapa fitur lainnya yang mana seperti tampilan Taskbar yang lebih tepat diletakan pada sisi samping kiri dan kanan.

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.