upah.co.id – Identitas konsultan pajak dari mantan pajabat pajak Rafael Alun Trisambodo perlahan mulai terungkap. Siapakah dia?

Menurut Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, konsultan tersebut juga mantan orang pajak.

“Kita pastikan bekas pemeriksa di Ditjen Pajak. Kalau masih aktif, itu jelas nggak boleh,” kata Pahala Nainggolan di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, dikutip dari detiknews Rabu (8/3/2023).

Yang jelas identitas konsultan pajak Rafael Alun telah dikantongi KPK, namun masih melakukan pertukaran informasi dengan sejumlah instansi.

“Kita sekali lagi tuker-tuker informasi ke PPATK, Dirjen AHU, Irjen Kemenkeu terkait informasi ini,” ujar Pahala.

Sebelumnya, sosok konsultan pajak yang bekerja untuk Rafael Alun Trisambodo terlacak KPK. Lembaga antirasuah ini telah mengantongi identitas mantan pegawai pajak yang menjual jasa professional money launderer atau pencuci uang profesional kepada ayah Mario Dandy Satriyo itu.

Terendusnya peran konsultan itu pertama kali oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Total ada dua konsultan pajak yang terlacak.

“Sudah (teridentifikasi). Yang kita dapat dua (konsultan pajak). Jadi tadi pagi aku komunikasi dengan PPTAK, jadi kita sudah tahu namanya siapa, konsultannya juga apa. Kita sudah tukeran data, apa yang kita dapat dan apa yang PPATK dapat,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan kepada wartawan, Senin (6/3).