upah.co.id – Operator seluler bagian dari Telkom Group, Telkomsel, berkolaborasi dengan ZTEuntuk menguji coba pemanfaatan jaringan 5G di kawasan maritim Indonesia guna mendukung pertumbuhan perekonomian nasional.

“Telkomsel secara konsisten terus memperkuat kapabilitas utamanya dalam penyediaan jaringan dan layanan telekomunikasi berteknologi terkini yang sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat,” kata Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho, dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa.

Uji coba layanan 5G tersebut berlangsung di Provinsi Gorontalo, mengingat wilayah ini merupakansalah satu kawasan di Indonesia yang memiliki potensi maritim terbesar dengan garis pantai sepanjang 903,7 kilometer.

Sektor maritim menjadi salah satu andalan penggerak perekonomian daerah Gorontalo dengan sebanyak 19.013 nelayan menggantungkan hidup dari hasil laut, berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan setempat pada 2019.

Dengan demikian, ketersediaan infrastruktur jaringan komunikasi menjadi salah satu kebutuhan penting untuk mendukung pertumbuhan dan percepatan perekonomian berbasis digital di wilayah ini.

Kerja sama Telkomsel dengan ZTEini juga telah dipresentasikan pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Spanyol.

“Kami harap kolaborasi pengujian ketersediaan layanan broadband 5G, yang kali ini difokuskan pada sektor kemaritiman, dapat semakin membuka peluang akses telekomunikasi digital yang lebih baik, yang sekaligus akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital di wilayah Gorontalo secara lebih inklusif dan berkelanjutan,” kata Nugroho.

Kedua perusahaan mengadakan uji coba jaringan 5G berbasis pita frekuensi 2,3GHz untuk meningkatkan kualitas dan cakupan jaringan broadband menggunakan teknologi antena aktif yang bisa menjangkau hingga radius 60 kilometer.

Kolaborasi itu bertujuan mendukung akselerasi pertumbuhan perekonomian nasional melalui penyediaan konektivitas digital bagi pengembangan sektor perikanan dan wisata bahari. Uji coba itu juga dilakukan untuk memenuhi permintaan akses komunikasi di wilayah maritim potensial di Indonesia.

Perluasan cakupan 5G di wilayah maritim Indonesia diharapkan bisa mendukung lebih banyak aktivitas ekonomi seperti pelayaran, perikanan dan pariwisata.

Presiden Direktur ZTE Indonesia Liang Weiqimengatakan, melalui kolaborasi ini, pihaknyamenghadirkan pengalaman konektivitas yang diharapkan mampu mendorong kemajuan yang lebih komprehensif bagi masyarakat Gorontalo.

“Lebih lanjut, kolaborasi ini juga mendorong hadirnya kesempatan yang merata bagi seluruh masyarakat di wilayah maritim Indonesia untuk mendapatkan akses pengalaman gaya hidup digital terdepan,” katanya.