upah.co.id – Mendadak kaya raya dalam waktu singkat mungkin terdengar tidak mungkin. Namun kejadian tersebut benar-benar dialami oleh pasangan suami istri di Inggris yang menemukan ‘harta karun’ di bawah rumahnya.

Mereka menemukan tumpukan koin emas kuno dari abad ke-18 secara tidak sengaja ketika sedang merenovasi dapur rumah. Betapa terkejutnya pasangan suami istri itu saat menemukan koin berusia 400 tahun yang dimasukkan ke dalam kaleng logam pada Juli 2019.

Mereka mulanya menemukan cangkir berlapis garam yang terkubur di bawah beton dan papan lantai rumah mereka yang dibangun pada abad ke-18 di Ellerby, di Yorkshire Utara. Mereka telah tinggali di rumah itu selama lebih dari 10 tahun.

Diketahui ada 264 keping koin yang diperkirakan memiliki nilai £250.000 atau setara Rp 4,3 miliar.

Lantaran temuan di rumahnya, pasangan itu menginginkan pendapat profesional mengenai nilai barang tersebut. Karenanya, mereka segera menghubungi perusahaan lelang d Spink & Son di London.

Menurut rilis Spink & Son, koin itu milik Joseph dan Sarah Fernley-Maisters, yang menikah pada tahun 1694. Hampir semua koin emas yang ditemukan dalam cangkir berbahasa Inggris, tetapi ada juga satu koin dari Brasil, yang diyakini para ahli beredar di Inggris pada tahun 1720-an.

Sebagai informasi, Fernley-Maisters adalah importir dan eksportir kayu, batu bara dan bijih besi. Generasi mereka selanjutnya menjabat sebagai anggota Parlemen pada awal 1700-an.

Kini, pasangan itu pun bisa berbahagia dan mendadak kaya karena temuan barang di rumahnya.