JawaPos.com- Mahasiswa inbound Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) ikut memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8). Mahasiswa dari berbagai negara itu begitu semangat saat mengikuti sejumlah lomba. Di antaranya balap karung dan tarik tambang yang bertempat di halaman FK Unair.

Beberapa mahasiswa dari luar negeri itu antara lain Ilyes asal Tunisia, Ahmad asal Mesir, Daniela asal Ceko, dan Claudia asal Itali. Meski baru kali pertama memainkan permainan tradisional di nusantara itu, mereka seperti sudah berpengalaman.

“Saya sangat senang dan bersemangat ikut merayakan Kemerdekaan RI,” kata Ilyes kepada Jawa Pos dalam berbahasa Inggris.

Dia mengatakan, sudah kali kedua ikut permainan tarik tambang dan balap karung. Sebab, permainan tradisional serupa juga ada di negaranya. Hanya saja jarang dimainkan. “Ini kedua kalinya bagi saya,” ujarnya.

Daniela menambahkan, tarik tambang dan balap karung juga tidak asing baginya. Namun, untuk lomba balap karung kali ini dimodifikasi dengan menggunakan helm. “Kami pernah tahu permainan balap karung dan tarik tambang. Tapi, belum pernah mengikutinya sama sekali. Baru kali ini. Sangat menyenangkan,” katanya.

Staf Khusus Dekanat FK Unair sekaligus Pembimbing Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dr Eighty Mardiyan Kurniawati SpOG (K) mengatakan, FK Unair sudah kedatangan mahasiswa inbound dari berbagai negara. Tidak hanya belajar tentang akademik, mereka juga diajak belajar tentang budaya.

“Kebetulan mereka berada di sini mendapatkan momentum Kemerdekaan RI. Kami mengajak mereka (mahasiswa inbound) ikut merayakan 17 Agustus yang sifatnya tradisional,” ujarnya.

Awalnya, para mahasiswa asing tersebut sedikit takut untuk ikut lomba tersebut. Namun, setelah mencoba, semangat mereka pun muncul. “Permainan ini mungkin ada di negara mereka, tetapi mereka tetap ikut merasakan perlombaan ini,” katanya.

Kegiatan lomba 17 Agustus yang digelar oleh BEM FK Unair ini merupakan tahun pertama sejak masa pandemi. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh mahasiswa angkatan 2019, 2020, dan 2021. “Kegiatan ini diharapkan dapat mengajarkan sportivitas mahasiswa. Sementara, mahasiswa inbound bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda,” ujarnya.


Artikel ini milik : www.jawapos.com.