upah.co.id – Buah pisang biasanya setelah dikupas, bagian kulitnya akan dibuang karena sudah tidak bisa dikonsumsi lagi.

Dihimpun dari laman Hops.id—Jaringan Suara.com, kulit pisang ini diklaim memiliki kandungan lutein sebagai antioksidan.

Bukan hanya membantu mengobati jerawat, kulit pisang ini disebut bisa mengobati kerusakan pada wajah akibat terpapar sinar matahari secara langsung.

1. Menggunakan lemon yang sudah dicampur dengan kulit pisang

Siapkan 1 sendok makan kulit pisang yang sudah ditumbuk, 1 sendok makan air jeruk lemon dan kapas. Campurkan air jeruk lemon dan kulit piang tumbuk tadi menjadi satu.

Gunakan kapas untuk mengoleskannya ke area kulit yang berjerawat dan tunggu selama 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat dan keringkan. Cara ini bisa dilakukan sekali dalam sehari.

2. Mencampur cuka sari apel denga kulit pisang

Siapkan 1 sendok makan kulit pisang yang sudah ditumbuk, 2 sendok teh cuka sari apel dan 1 sendok teh air.

Campur semua bahan dan oleskan ke area kulit yang berjerawat. Lalu diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Setelah kering oleskan pelembab non-komedogenik dan bebas minyak. Cara ini bisa dilakukan sekali dalam sehari.

Cuka sari apel adalah zat yang sangat baik yang merupakan sumber antioksidan yang kaya, dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Menggunakan kulit pisang dan kunyit

Siapkan 1 sendok makan kulit pisang yang sudah ditumbuk, 1 sendok makan kunyit. Campurkan dua bahan tadi sampai jadi pasta yang halus.

Kemudian oleskan ke wajah dan pijat lembut dengan gerakan melingkar selama 15 menit.

Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lalu oleskan pelembab pelembab bebas minyak dan non-komedogenik. Cara ini bisa dilakukan sekali dalam sehari.

Kunyit memiliki sifat anti bakteri dan anti-inflamasi yang sangat baik, mengkombinasikannya dengan kulit pisang dapat mengurangi pembengkakan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

4. Gosok kulit pisang

Gosokan kulit pisang bagian dalam ke area wajah selama 10 menit. Lalu tunggu sekitar 20 menit dan lanjutkan dengan membilas wajah untuk membersihkannya. Cara ini bisa dilakukan sekali dalam sehari.

Kulit pisang membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan kandungan asam lemak dan antioksidan di dalamnya.

Dapat menghilangkan kemerahan dan menenangkan kulit serta mencegah jerawat, karena sifat antimikrobanya.