upah.co.id – Mobil Sport Ultility Vehicle ( SUV ) kini menjadi tren di industri otomotif dunia dan juga Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan maraknya penjualan mobil SUV yang mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Tren tersebut membuat merk otomotif ramai meluncurkan mobil berjenis SUV , salah satunya Suzuki . Yang terbaru, Suzuki meluncurkan Grand Vitara di pameran otomotif Indonesia International Auto Show ( IIMS ) 2023.

Kehadiran Grand Vitara melengkapi jajaran produk SUV Suzuki . Seiring peningkatan tren penjualan SUV , produk lainnya seperti Ignis juga tetap menjadi prioritas bagi brand berlogo S tersebut.

Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel mengungkapkan Ignis akan tetap jadi prioritas meski kini meluncur produk baru, Grand Vitara.

“Kita tidak akan meninggalkan pasar itu (city car), seakan-akan karena ada Grand Vitara. Lalu Ignis dan S-Presso jadi anak tiri. Kita bakal tetap bermain di pasar itu,” kata Harold di pameran IIMS , Kamis, 23 Februari 2023.

Harold menyatakan meskipun pasar SUV jadi primadona, tapi angka penjualannya bisa saja berbeda di tiap daerah. Itu dikarenakan kebutuhan masyarakat yang sangat beragam.

Faktor daya beli dan lingkungan jadi salah satu alasan mengapa Suzuki tetap prioritaskan penjualan Suzuki Ignis di tanah air.

“Sepanjang tahun 2022 kemarin, Suzuki S-Presso itu terjual sekitar 2 ribuan unit. Ignis juga sama, hanya saja penjualannya di atas 2 ribuan. Kuota impornya juga menyesuaikan aturan pemerintah,” tuturnya.

Karena itu Harold Donnel menegaskan Suzuki Ignis masih jadi pilihan masyarakat Indonesia.

“Intinya di sini peminat Ignis masih sangat besar,” katanya dia lagi.

Sebagai informasi tambahan, Suzuki Ignis masih menjadi mobil city car pilihan masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan oleh larisnya angka penjualan mobil tersebut.

Pada Januari 2023, data yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan Suzuki Ignis berhasil laku terjual sebanyak 197 unit. Ignis jadi mobil city car kedua terlaris di belakang Honda Brio RS dengan angka penjualan 832 unit.

Selain itu, Suzuki Ignis juga sempat mendapatkan penyegaran pada April 2022 lalu. Penyegaran misalnya ada di bagian fascia depan di mana Suzuki Ignis mendapatkan tambahan diffuser. Selain itu, grill Ignis yang awalnya vertikal kini berubah menjadi model kotak-kotak.

Untuk mesinnya, Suzuki Ignis masih menggunakan dapur pacu yang sama yaitu mesin berkode K12M empat silinder berkapasitas 1.197 CC. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 83 PS di 6.000 RPM dan torsi maksimum 113 Nm di 4.200 RPM.***