Unsur, Cara Menggambar & Contohnya Terbaru

Upah.co.id – Keindahan ruangan semakin meningkat jika dipasang berbagai macam gambar dekoratif sebagai hiasannya. Masalahnya, tidak semua gambar bisa dikategorikan dekoratif. Ada unsur-unsur gambar dekoratif yang harus Anda pahami untuk dipajang di rumah.

Apa yang Dimaksud dengan Gambar Dekoratif?

Gambar dekoratif adalah salah satu karya seni rupa berbentuk corak dekor atau hiasan. Coraknya beragam, bisa berupa manusia, hewan, tumbuhan, atau benda lainnya. Gambar dekoratif dibuat dengan mengubah objek gambar menjadi lebih indah. Hasil dari gambar dekoratif digunakan sebagai hiasan atau ornamen, termasuk dekorasi ruangan Anda.

Macam-Macam Gambar Dekoratif

Gambar dekoratif dalam karya seni terdiri dari dua jenis yang dibedakan berdasarkan bentuknya. Bentuk yang digunakan dalam gambar dekoratif adalah geometris dan stilasi. Kedua macam gambar dekoratif memiliki gaya penggambaran yang berbeda, tapi dibuat membentuk corak yang indah.

1. Geometris

Contoh gambar bentuk geometris

Gambar dekoratif geometris berisi bentuk-bentuk geometri, seperti lingkaran, persegi, segitiga, dan lain-lain. Bentuk geometri tersebut dibuat seperti pola dan garis, keteraturan bentuk dan ukurannya dijaga sehingga terbentuk gambar yang indah.

Contoh sederhananya bisa Anda lihat pada kain mandala sebagai salah satu dekorasi rumah.

2. Stilasi

Contoh gambar dekoratif stilasi

Bentuk dekoratif stilasi lebih condong ke penggambaran makhluk hidup, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Pelukis hanya melukis permukaan makhluk hidup tersebut, kemudian mengolahnya menjadi gambar yang lebih indah.

Pada dasarnya jenis gambar dekoratif ini digambar dengan cara yang lebih sederhana, tetapi tidak meninggalkan bentuk aslinya. Dengan demikian, objek ataupun permukaan benda masih tetap tampak atau terlihat jelas.

Kedua macam gambar dekoratif, baik stilasi maupun geometris, kini digunakan sebagai seni ornamen. Seni ornamen adalah seni menghias tembok dan objek lainnya. Ornamen tersebut tidak hanya dilukis, tapi juga diukir dari batu atau dibentuk dari tanah liat. Hasilnya, hiasan ornamen ini bukan disebut seni rupa murni, tapi seni rupa terapan.

Selain lukisan, batu, dan tanah liat, gambar dekoratif juga dibuat di atas logam dan tembikar. Kain, wallpaper, dan ornamen rumah lainnya berisi gambar dekoratif yang berguna untuk keindahan ruangan.

Unsur-Unsur Gambar Dekoratif

Sama seperti karya seni lainnya, gambar dekoratif memiliki beberapa unsur di dalamnya. Unsur-unsur inilah yang membuat gambar dekoratif menjadi lebih indah dan bermakna bagi penghuninya.

Jika Anda ingin berkreasi membuat gambar dekoratif, perhatikanlah unsur-unsur di bawah ini.

1. Warna

Unsur gambar dekoratif yang pertama yaitu warna. Penggunaan warna dalam gambar dekoratif tidak boleh dilupakan. Warna membuat gambar menjadi lebih nyata saat dilihat. Selain itu, warna juga mampu menimbulkan emosi saat melihat gambar dekoratif. Misalnya, warna biru menimbulkan rasa sejuk, warna merah bisa membakar semangat, kuning yang menambah keceriaan, dan lain-lain.

Gambar dekoratif bisa dibuat tanpa warna karena bentuknya sendiri sudah cukup indah. Namun, penggunaan warna akan membuat gambar dekoratif jadi lebih indah.

2. Bidang

Bidang atau bentuk merupakan unsur yang harus ada dalam gambar dekoratif, terutama jenis geometris. Unsur gambar dekoratif ini harus memiliki minimal panjang dan lebar sehingga terbentuk gambar dekoratif yang indah. Bidang sifatnya pipih dan berbentuk apapun, asalkan membentuk sebuah dimensi.

3. Garis

Garis merupakan hubungan antara dua titik. Goresan garis di atas media gambar (kertas, batu, dan lain-lain) menjadi unsur penting dalam gambar dekoratif. Garis-garis yang saling bertemu kemudian terbentuk menjadi bidang atau bentuk.

4. Titik

Titik adalah unsur paling pertama dalam gambar dekorasi. Segalanya dimulai dari titik, kemudian membentuk garis dan akhirnya menjadi bidang. Setelah jadi, terbentuklah pola bidang yang menjadi kunci utama karya dekoratif.

5. Struktur

Struktur adalah hal yang paling penting dalam unsur gambar dekoratif karena menentukan keserasian bentuknya. Struktur merupakan campuran dari titik, garis, dan bidang yang diatur sedemikian rupa hingga membentuk pola yang indah. Keselarasan struktur juga dipengaruhi oleh ukuran masing-masing polanya.

Cara Menggambar Seni Dekoratif

Nah, apabila Anda tertarik membuat gambar dekoratif, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Berikut ini cara menggambarnya:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Untuk alat dan bahan yang akan digunakan yaitu:

  • Gunting
  • Lem
  • Pensil dan Pulpen
  • Spidol
  • Kertas origami sebagai hiasan tambahan
  • Kertas kanvas
  • Kertas HVS putih dan berwarna
  • Cat lukis

2. Menentukan Konsep

Anda dapat berimajinasi untuk menentukan gambar dekoratif apa yang akan Anda gambar. Bisa juga mencari referensi di internet atau melihat contoh gambar dokoratif yang telah PEXIO sajikan yang terdapat di bagian akhir artikel ini.

Pada dasarnya, menentukan konsep atau tema dilakukan agar dapat menjadi patokan saat proses menggambar dekoratif dilakukan.

3. Memilih Media Gambar

Seperti yang telah dipaparkan pada langkah pertama, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan. Media gambar yang digunakan bisa berupa kertas atau kanvas. Pilih alat untuk mewarnai lukisan Anda dan sesuaikanlah media gambarnya dengan konsep yang ditentukan sebelumnya.

4. Memulai Proses Menggambar

Setelah menentukan konsep dan memilih media gambarnya, mulailah menggambar berdasarkan konsep yang ditentukan. Upayakan agar motifnya seimbang dan garisnya tetap sesuai.

Apabila ingin menggambar seni dekoratif stilasi, maka Anda bisa membuatnya dengan bebas, yang penting bentuknya rapi dan bisa terlihat jelas.

5. Warnai Gambar Dekoratif

Cara menggambar gambar dekoratif yang terakhir adalah memberikan warna pada pola yang telah dibuat. Cek kembali agar seluruh bagian gambarnya telah diwarnai dengan sempurna dan tidak ada yang keluar garis.

Sebagai tambahan Anda juga dapat mempercantik gambar dengan hiasan menggunakan kertas origami. Setelah selesai, Anda bisa memasang pigura dan memajangnya di dinding rumah.

Contoh Gambar Dekoratif

Agar lebih mudah memahami gambar dekoratif, berikut ini PEXIO sajikan beberapa contoh gambar dekoratif yang dapat Anda jadikan inspirasi dalam membuatnya.

1. Contoh Gambar Dekoratif Tanaman

Motif gambar dekoratif tanaman

2. Contoh Gambar Dekoratif Binatang

Motif gambar dekoratif binatang

3. Contoh Gambar Dekoratif Pemandangan

Motif gambar dekoratif

4. Contoh Gambar Dekoratif Pola Segitiga

Seni dekoratif pola segitiga

5. Contoh Gambar Dekoratif Pola Lingkaran

Seni dekoratif pola lingkarang

Menarik sekali mempelajari unsur-unsur gambar dekoratif, ya? Anda bisa menghias rumah dan ruang kerja dengan berbagai macam gambar dekoratif yang dibuat dalam suatu media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *