upah.co.id – Seperti diberitakan Science Alert , video yang berhasil diambil tim ekspedisi tersebut menjadi rekaman pertama dan satu-satunya kapal Titanic dalam resolusi 8K. Dengan kualitas yang sejauh ini dianggap sebagai yang terbaik, video tersebut menunjukkan “detail luar biasa” yang diharapkan dapat membantu arkeolog laut memelajari tingkat pembusukan Titanic.

Dalam rilisnya, OceanGate Expeditions mengatakan terdapat beberapa detail baru yang muncul dalam rekaman terbaru ini.

Hal lain yang menurut Golden sangat menarik adalah cuplikan video yang menunjukkan boiler berujung tunggal yang jatuh ke dasar laut ketika Titanic terbelah dua.

Detail lainnya yang muncul dalam rekaman adalah mesin derek yang digunakan untuk memasang jangkar seberat 15 ton serta shackle kapal yang awalnya dipasang pada tiang utama.

“Kemudian dalam video, Anda melihat tiga struktur bundar di sepanjang bagian dalam pagar,” ujar PH Nargeolet, seorang penyelam veteran Titanic. “Ini adalah triple fairleads yang digunakan untuk mengaitkan tali dok ke tonggak penambat ketika Titanic berada di pelabuhan.”

Rekaman itu juga menunjukkan lampu hijau kecil dari sistem scalling laser, yang memungkinkan tim ekspedisi mengetahui ukuran objek yang mereka lihat melalui kamera dan viewport utama kapal selam Titan.

Titan, dengan lima awak di dalamnya, adalah satu-satunya kapal selam yang terbuat dari serat karbon di dunia. Menurut Business Insider, OceanGate Expeditions bekerja dengan NASA untuk merancang kapal selam tersebut.

Kini, OceanGate Expeditions tengah merencanakan ekspedisi berikutnya yang akan dimulai pada Mei 2023.